Rapat Perdana, Dewan Bahas Pembentukan Fraksi di DPRD Majene

by

PAREPOS.CO.ID, MAJENE—Usai dilantik Senin lalu, anggota DPRD Majene yang baru tengah menggelar rapat perdana berlangusung di ruang rapat utama gedung DPRD Majene, Rabu 18 September 2019. Agenda rapat bertajuk konsultasi itu untuk membahas pembentukan fraksi-fraksi di DPRD Majene serta hal lain yang dianggap penting.

Nampa terlihat seluruh anggota dewan sebanyak 25 orang hadir dan duduk di kursi masing-masing yang telah disediakan. Rapat perdana itu dipimpin Ketua DPRD Sementara, Salmawati Djamado, SE didampingi Wakil Ketua DPRD Sementara, M Idwar. Selain itu turut pula hadir Sekwan, Andi Amran beserta para kabag, kasubag dan staf di sekretaiat DPRD Majene.

Setelah diketok palu siding perdana, wakil ketua sementara, Idwar mengatakan, rapat yang digelar hari ini tak lain untuk membahas pembentukan fraksi di DPRD Majene serta hal lain yang dianggap perlu dan penting.

“Untuk itu, perlu dilakukan rapat secara cepat pasca dilantik dalam rangka persiapan sejumlah perangkat alat kelengkapan dewan. Salah satunya, pemhasan pembentukan fraksi guna pembahasan lebih lanjut terkait tata tertib (Tatib) DPRD Majene,” sebut poloitisi Partai Demokrat itu.

Karena itu lanjutnya, pimpinan DPRD sementara akan segera menyurati pimpin partai politik (Parpol) untuk pengusulan pimpinan DPRD secara defenitif. Lebih lanjut Idwar menambahkan, jika melihat dari latar belakang anggota DPRD Majene periode kali ini cukup memiliki latar belakang yang berbeda-beda dari berbagai proferesi yang digeluti selama ini. Namun, perbedaan latar belakang itu seharusnya sudah menyatu dalam satu wadah di lembaga legislatif ini.

“Kita semua diharapkan bekerja untuk kepentingan rakyat. Karenanya dalam waktu dekat ini segera dapat merampungkan agenda alat kelengakpan dewan, baik pembentukan fraksi, penetapan pimpinan DPRD defenitif serta selanjutnya pembentukan komisi-komisi di DPRD Majene,” kata Idwar.

Sambung dia mengatakan, tjuan tidak lain agar agenda ke depannya dapat segera diselesaikan termasuk pembahasan APBD pokok tahun 2020 mendatang serta masih banyak agenda penting lainnya harus pula dirampungkan.

Sedangkan anggota dewan dari PAN, Abdul Wahab menyebutkan, jika terjadi perbedaan pendapat antara sesama anggota dewan lainnya, itu wajar dan jangan dianggap sebagai suatu hal yang negatif. Sebab, kalau anggota dewan melakukan interupsi tentu wajar karena itu merupakan hak bagi anggota dewan itu sendiri dan harus dihargai.

Sedangkan Ketua DPRD sementara, Salmawati Djamado sebelumnya menyebutkan, jadwal rapat perdanya itu sebenarnya akan dilaukan Selasa kemarin. Tetapi, dengan pertimbangan beberap hal termasuk, masih terasa lelah pasca pelantikan serta juga mencari hari yang tepat sehingga baru dilakukan Rabu, 18 September. Namun, rapat –rapat selanjutkan dapat dipastikan akan tetap berjalan lancar sesuai dengan harapan semua pihak. (edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *