Sambut Hari Perhubungan Nasional, KSOP Parepare Gelar Gerakan Bersih Laut dan Pantai

by
KSOP Parepare dalam memperingati Hari Perhubungan Nasional mengelar kegiatan bersih laut dan pantai

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Konsistensi dalam menjaga lingkungan dengan gerakan bersih laut dan pantai menjadi salah satu pesan penting dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019.  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Parepare, Kamis 12 September, menggelar gerakan bersih laut dan pantai dengan mengusung tema ‘Pantai Bersih Bikin Baper’.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019 dipusatkan di Kawasan Pelabuhan Cappa Ujung, Lontang’e, Kecamatan Soreang. Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Parepare, Kapten Sahrun menuturkan, kegiatan gerakan bersih pantai merupakan kegiatan tahunan dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut.

Ini merupakan wujud melaksanakan instruksi dari Menteri Perhubungan, agar melaksanakan gerakan bersih pantai. Tujuannya agar tertanam kebiasaan diri menjaga pantai dan laut tetap indah dipandang, sekaligus mengurangi sampah plastik.

Menurutnya, gerakan bersih pantai dan laut kali ini melibatkan seluruh stakeholder, seperti Pelindo, Karantina dan perusahaan pelayaran yang ada di Kota Parepare. Senada diungkapkan, Humas KSOP parepare, Eko Prayetno dimana kegiatan bersih laut dan pantai ini dilakukan serentak di seluruh pelabuhan di Indonesia. Gerakan ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik bahwa sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun, dengan sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut dan berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem di laut. Oleh karena itu, pemerintah menargetkan pengurangan sampah di laut hingga 70 persen pada 2025 agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan laut dan pantai.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *