Sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, Ini Harapan Bupati Soppeng

by

PAREPOS.CO.ID, SOPPENG — Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) mensosialisasikan penyelenggaraan kompetisi inovasi pelayanan publik lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng 2019, di ruang rapat kantor Gabungan OPD Pemkab Soppeng, Selasa 10 September.

Bupati Soppeng diwakili Asisten I Pemerintahan Setda, Muh Arif Dimas dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, mengungkapkan, berdasarkan rilis yang diterima dari Kemendagri, yang telah melakukan peningkatan berdasarkan indeks inovasi pada tahun 2019, Kabupaten Soppeng dianggap kurang inovatif.

“Untuk itu, saya harapkan perlu upaya bersama untuk merubah dari kurang inovatif menjadi sangat inovatif,” kata Arif Dimas membacakan sambutan Bupati Soppeng.

Karena itu, lanjutnya, sangat dibutuhkan komitmen dan semangat kebersamaan dalam melaksanakan inovasi pelayanan publik sesuai standar pelayanan publik dengan baik dan konsisten.

“Kompetisi itu merupakan upaya yang strategis untuk mendorong inovasi dan terobosan dalam membangun daerah Kabupaten Soppeng,” ujarnya.

Kepada paserta, Arif minta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik. Sehingga menjadi referensi pembelajaran dalam upaya melakukan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi dan inovasi pelayanan publik di Kabupaten Soppeng.

Dia juga berharap kegiatan sosialisasi ini bisa memberikan manfaat bagi para peserta, sehingga segenap perangkat daerah bisa maju bersama dalam menyelenggarakan pelayanan publik.

“Semoga kegiatan ini dapat mendorong dan mempercepat pencapaian program Pemkab Soppeng melalui one agency one innovation,” tambah Arif.

Arif juga ucapan selamat datang kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Dr Andi Taufik MSi di Soppeng dalam rangka mensosialisasikan kompetisi inovasi pelayanan publik.

Kepala Bappelitbangda Soppeng Hj Andi Nurlina selaku ketua panitia mengatakan, tujuan inovasi pelayanan publik merupakan trobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan atau adaftasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Andi Nurlina menjelaskan, jumlah inovasi perangkat daerah yang mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik pada tahun 2018 sebayak 10 inovasi. Sementara tahun 2019 ini mengalami peningkatan menjadi 17 inovasi dari 27 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Soppeng. (wis/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *