Tak Miliki Ijazah SMA, Setahun Lebih Kepala Dusun tak Terima Honor di Barru

by
Ist.

PAREPOS.CO.ID, BARRU– Kepala Dusun (Kadus) yang menjadi bagian dari perangkat desa, sudah hampir 16 bulan atau 1,4 tahun belum menerima honorer. Hal itu dialami, Kepala Dusun Lajoanging Dua, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Raham.

Raham mengaku mengeluhkan kondisi yang dialaminya tersebut. “Sudah 16 bulan saya tidak pernah terima honor sebagai kepala dusun, saya juga tidak tahu kenapa kepala desa tidak membayar honor saya, ” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa Harapan, Lukman Hasi membenarkan, kalau Kadus Lajonging tidak diberikan honornya karena tidak memiliki ijazah SMA. Lukman menegaskan, jika ada regulasi bahwa tidak memiliki ijazah SMA tidak bisa jadi kepala dusun. “Kadus Lajoanging memiliki ijazah paket C, tapi diduga bermasalah karena tidak terdaftar,” ungkap Lukman.

Lukman juga menjelaskan, selain masalah ijazah, kadus bersangutan jarang masuk kantor. Dia menambahkan, regulasi juga mengatur batas usia jabatan kepala dusun. “Kalau sudah berumur 60 tahun ke atas tidak bisa jadi kepala dusun,”pungkasnya. Dari data yang dihimpun, pemerintah telah melaksanaan skema baru untuk gaji perangkat desa.

Kepala desa gaji atau pengasilan tetap (siltap) setara dengan gaji pkok PNS golongan IIA. Sementara untuk sekretaris desa sebesar 90% dari gaji kepala desa. Untuk perangkat pelaksana besarannya adalah 80% dari gaji kepala desa.(mad/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *