Target SAKIP Award 2020, Bupati Majene Warning OPD Terkait Program

by

PAREPOS.CO.ID, MAJENE—Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene tetap serius dalam merealisasikan target meraih predikat BB atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award di tahun 2020, mendatang. Karena setelah melakukan casecading atau proses penjabaran dan penyelarasan sasaran strategis, indikator kinerja di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Majene yang dikoordinir langsung oleh Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Majene.

Dalam rapat persiapan pendampingan SAKIP yang dipimpin langsung Bupati Majene, H Fahmi Massiara Rabu 18 September 2019, di ruang pola kantor Bupati Majene yang dihadiri Sekertaris Daerah Majene (Sekda) Majene, H Andi Achmad Syukri, para pimpinan OPD berserta dengan Kepala Sub Bagian (Kasubag) perencanaan masing-masing OPD bersangkutan.

Bupati Majene, H Fahmi Massiara menuturkan, subtansi dari kegitan setiap OPD akan cukup berpengaruh pada progres kinerja ke depan. Sehingga jika terdapat kegiatan yang tidak sesuai dengan RKPD, maka sebaiknya tidak perlu untuk diprogramkan. Ia pun mencontohkan seperti yang terjadi di Provinsi D.I Yokyarkarta yang mendapatkan penilaian SAKIP AA di tahun 2019.

Provinsi Yokyakarta memiliki anggaran cukup besar sekitar Rp7 trilun tetepi hanya membuat sekitar 1.000 jenis kegiatan. Ini cukup berbeda dengan Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki anggaran cukup jauh dari Yokyakarta atau sekitar Rp2 triliun dengan jumlah jenis kegiatan mencapai lebih dari 4.000 kegiatan.

“Dengan demikian jika melihat dari perbandingan itu, kepada setiap OPD jangan juga asal-asalan untuk menentukan berbagai program kalau memang ternyata program itu tidak urgen dan sebaiknya lebih baik dihapus,”tegas Fahmi.

Karena itu rapat ini digelar dalam rangka persiapan pendampingan SAKIP Pemkab Majene dengan pihak KemenPAN-RB dan dengan demikian diharapkan mampu meningkatkan kemapuan dalam melakukan evaluasi SAKIP serta memberikan pemahaman yang seragam bagi para evaluator untuk dapat membangun sinergitas serta koordinasi terus berjalan terkait implementasi SAKIP dan akuntabilitas kinerja. (edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *