Terima Peserta KKN UNM, Wabup Majene: Tamu Itu Raja

by
Wakil Bupati Majene saat menyambut peserta KKN dari UNM

PAREPOS.CO.ID, MAJENE—Wakil Bupati Majene, H Lukman didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Majene, H Iskandar sedang menerima rombongan KKN dari Universitas Negeri Makassar (UNM) berlansung di rung pola kantor Bupati Majene, Kamis 19 September 2019.

Wabup Lukman menuturkan, berterimakasih kepada pihak UNM karena telah dapat kembali memilih lokasi Kabupaten Majene sebagai salah satu tempat KKN bagi mahasiswa UNM selama kurang lebih tiga bulan di Majene.“Saya ucapkan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Majene sebagi tempat melangsungkan KKN bagi mahasiswa UNM tahun ini. Sebab hal itu merupakan berkah buat kami dan perlu disyukuri,” sebutnya dalam penyambutan KKN tersebut.

Lukman menambahkan, dengan kehadiran mahsiswa UNM tersebutk merupakan suatu kebahagian dan akan terdapat banyak manfaat baik antara pemkab Majene maupun bagi mahasiswa setelah melaksanakan KKN di Majene. Untuk itu, selaku pemkab Majene akan menyampaikan gambran dan wilayah Kabupaten Majene, termasuk garis pantai yang cukup panjang. Untuk saat ini Majene sedang dilanda krisis kemarau dan hampir sama dengan daerah lain di nusantara. “Wilayah Kabupaten Majene melipiti delapan kecamatan dan banyak pantai obyek wisata di sepanjang pantai Majene. Sehingga bagi anak-anakku selama di Majene akan dapat merasakan bagiaman indahnya Majene,” pungkas Lukman

Untuk itu, diharapkan pula terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dan masayarakat selama pelaksanaan KKN tersebut. Setidaknya, dapat mengetahui bahwa budaya di Majene cukup ramah dan memiliki ciri khas tersendiri, terlebih 90 persen warganya adalah suku Mandar. “Karena itu, warga Majene sangat paham dengan ciri khas yang dimiliki dan setiap tamu yang datang akan sangat dihargai karena dengan prinsip tamu itu adalah raja dan tamu itu adalah rezki buat kami,”kata Lukman disertai tepuk tangan.

Begitu juga, jika ada masalah atau keluhan di lapangan selama berada di Majene sekiranya dapat disampikan kepada pihak pemkab Majene, seperti kalau ada keluhan kesehatan, kebutuhan serta lainnya karena akan diselesaikan masalah itu dengan tanpa ada masalah. Terlebih kali ini mahasiswa yang KKN di Majene mencapai sekitar 300 0rang.

Sementara, selaku pembimbing KKN UNM, Syakhruni juga menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada pihak pemkab Majene yang begitu tulus dan sabar dalam menunggu kedatangan mahasiswa KKN UNM ke Majene. “Kami ucapkan terima kasih atas kesiapannya menerima kami dan ini sebuah proses yang cukup bagus. Dan mungkin ada dari kami baru menginjakan kaki di Majene tetapi mungkin juga sudah ada yang sering ke Majene,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, sebelumnya banyak mahasiswa ragu untuk KKN di Majene dengan pertimbangan cukup jauh dari Makassar Sulsel. Tetapi, dengan motivasi dan pengalaman sebelumnya kalau sekolah-sekolah di Majene bersama masyarakatnya cukup ramah serta luar biasa dalam berbagai kerjasama bisa diterapkan. Sehingga pada akhirnya keraguan itu tidak terjadi dan alhamdulillah sekitar 300 mahasiswa sudah berada di Majene untuk kegiatan KKN selama kurang lebih tiga bulan ke depan. (edy/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *