Ternak Berkeliaran Dipemukiman Dikeluhkan Warga

by

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Warga Lingkungan Galung Latea, Kelurahan Takatidung, Kecamatan Polewali mengeluhkan ternak sapi berkeliaran dipemukiman warga. Ternak yang berkeliaran dipekarangan tersebut merusak tanaman dan memakan tanaman warga, bukan cuma ternak tersebut membuang kotoran disekitar perumahan yang mengeluarkan bau busuk.

“Sudah seringkali sapi ini masuk kepekarangan rumah, bahkan sudah ditegur kepengembalanya tapi tidak diindahkan. Hal ini sangat meresahkan kami, karena tanaman peliharaan Kami dirusak dan dimakan. Takutnya juga kalau tidak segera ditertibkan ternak sapi ini akan menginjak dan merusak Pipa air PDAM warga,”kata Busriadi.

Ia pun berharap dinas terkait bisa menertibkan sapi yang berkeliaran dipemukiman warga, apa lagi ini wilayah perkotaan,”ujar warga Galung Latea tersebut, Jumat 6 September 2019. Terpisah, Kepala Bidang Peternakan Distanpan Polman, Ir.Kaharuddin mengatakan, harusnya sudah tidak ada hewan ternak yang berkeliaran dalam kota baik itu kambing maupun sapi, sebab kita sudah sering kali sampaikan ketingkat kelurahan dan desa untuk disampaikan ke pemilik ternak.

Bahkan, sanksi tegas kalau ada hewan yang berkeliaran maka petugas akan menangkapnya dan akan mengkandangkan hewan tersebut. “Peternakan itu jaraknya sangat jauh dari kota. Peternak akan dikenakan denda Rp 100 ribu kalau sapi dan Rp 50 ribu kambing yang kena tangkap dan itu sudah ada peraturan daerahnya,”ungkapnya.(win/ade)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *