Tradisi ‘Melli Passero’ di Hari Asyura, Ini Maknanya

by
Para ibu rumah tangga membeli kelengkapan dapur di pasar dalam memperingati Hari Asyura di Kota Parepare

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Hari Asyura atau 10 Muharram dijadikan moment yang baik umat Islam dengan membeli berbagai perlengkapan dapur atau barang pecah belah. Tradisi itu, sudah menjadi kebiasaan masyarakat Bugis secara turun-temurun. Alat yang dibeli di hari Asyura digunakan perlengkapan rumah tangga.  Warga Lakessi, Kota Parepare, bernama Nurmi, mengatakan, dirinya memang sudah terbiasa, membeli perlengkapam dapur di hari Asyura.

Menurutnya, membeli barang baru di 10 Muharram, dipercaya menjadi awal yang baik. Membeli barang pecah belah di hari Asyura dilakukan orang tua kita sejak zaman dahulu.  “Begini memang, pappasengna tomatoae topada melli passero’ na nasero’ maneng dalle’ (orang tua berpesan, beli gayung saat Asyura, agar menjadi simbol alat untuk meraih rezeki),” katanya dengan logat bugis, saat ditemui di Pasar Lakessi, Selasa 10 September, kemarin..

Nurmi sambil menenteng barang belanjaannya, mengaku, ketika hari Asyura, kebiasaan keluarganya membuat makanan-makanan yang manis untuk dikonsumsi bersama. “Kita juga puasa, sama buat kue-kue yang manis-manis agar ke depannya semua yang kita lakukan dan doakan tercapai dan berbuah manis,” katanya, sambil tersenyum.

Dalam 10 Muharram dalam kalender Islam memang merupakan hari yang penuh sejarah. Menurut beberapa riwayat disebutkan, banyak peristiwa penting yang dialami para Nabi dan Rasul terjadi di masa lalu.
Di Hari Asyura, umat Islam hendaknya menyambut hari itu dengan mengambil pelajaran yang bermanfaat dari sejarah masa lampau.

Ustaz Budiman mengajak umat Islam, sebaiknya melakukan hal-hal yang baik dan perbanyak ibadah zikir dan sedekah kepada sesama.  “Selain puasa, pada hari itu sebaiknya kita memperbanyak sedekah terutama kepada keluarga dekat dan banyak berzikir,” ujarnya. Hal ini tentu didukung hadis, yang intinya mengajak kepala rumah tangga untuk banyak memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya.(mat/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *