Wow, Tunggakan Pajak Hotel dan Restoran Capai Ratusan Juta di Pinrang

by
Kepala Dinas Keuangan Daerah Pinrang, Islamuddin

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Tunggakan pajak hotel dan restoran, cukup fantastis karena nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini harus disikapi secara tegas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang terutama menindak tegas penunggak pajak bersangkutan karena terus membekak. Dari data per Desember 2018, lalu total tunggakan pajak sudah mencapai Rp124 juta lebih. Piutang ini terhitung sejak 2016, dan belum termasuk tahun 2019.

Apabila data ini dicocokkan dengan laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulse 2018, nilainya tak jauh berbeda. Kepala Dinas Keuangan Daerah Pinrang, Islamuddin yang dihubungi kemarin, membenarkan adanya tunggakan pajak hotel dan restoran tersebut. “Kita akan panggil pemilik hotel dan restoran untuk membicarakan masalah tunggakan pajanya itu,” tegas Islamuddin.

Islamuddin menjelaskan, pihaknya akan masih melakukan pendekatan persuasif kepada wajib pajak agar sadar dan mau membayar kewajibannya. “Kita lakukan langkah persuasif terlebih dahulu. Kalau masih saja tidak mau membajar pajak, maka kita lakukan tindakan tegas,” kata Islamuddin. Sebelumnya berbagi upaya ditempuh Pemkab Pinrang meningkatkan PAD di sektor pajak. Salah satunya pemasangan sistem pembayaran online di setiap hotel dan restoran. (mnr/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *