Peduli Pungli Pajak BPHTB, Fraksi NasDem di DPRD Parepare Buka Posko Pengaduan

by
Ketua NasDem Parepare bersama Wakil Ketua DPRD dan Ketua Fraksi Nasdem di DPRD Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Wujud kepedulian para wakil rakyat di DPRD Parepare terkait pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Anggota DPRD Parepare H Yasser menyampaikan jika DPRD Parepare membuka posko pengaduan terkait banyaknya aduan terkait adanya pungutan liar (Pungli) terkait pajak BPHTB.

Dari data yang dihimpun, hingga Selasa kemarin, sudah puluhan aduan yang masuk ke DPRD Parepare. Termasuk aduan yang dimasukkan oleh Forum Pengembang Ajatappareng (FPA). “Kami sudah banyak menerima aduan masyarakat terkait adanya dugaan permainan oknum atas pembayaran pajak BPHTB,” ujar Ketua Fraksi NasDem , H Yasser Latief di ruang wakil ketua DPRD Parepare.

Pihaknya memang sudah menyampaikan, Fraksi NasDem akan membuka posko aduan tersebut, itu lantaran kelengkapan DPRD Parepare belum terbentuk. “Setelah kelengkapan DPRD nantinya terbentuk maka akan diserahkan ke komisi terkait untuk di membahas aduan dari masyarakat tersebut,” katanya.

Wakil ketua DPRD Parepare H Tasming Hamid menambahkan, usai pelantikan unsur pimpinan, hari ini. Maka secepatnya dibentuk komisi dan kelengkapan DPRD. Setelah itu terbentuk, maka semua aduan dari masyarakat yang masuk langsung diagendakan untuk dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak-pihak terkait.

Sebelumnya, disebutkan pajak BPHTB di Bidang Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare rawan pungli dan berpotensi korupsi. Pasalnya, penarikan pajak disebut tidak berdasarkan aturan yang ada. Seperti dilansir sejumlah media, Plt Kepala BKD Parepare Agussalim membenarkan Polda Sulsel memanggil Kabid Pendapatan Prasetyo. Pemanggilan itu setelah masyarakat melapor ke Polda dugaan pungli pajak BPHTB tersebut. (anj/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *