Pelantikan Pimpinan DPRD Pinrang Definitif Ditunda, Ini Penyebabnya

by

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Pelantikan unsur pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pinrang yang dijadwalkan, Kamis 10 September, besok ditunda. Padahal undangan untuk agenda pelantikan tersebut sudah beredar. Informasi yang dihimpun alasan penundaan itu, diduga lantaran Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pinrang, Muhammad Aidil Kasim membatalkan secara sepihak pelantikan unsur pimpinan tersebut.

Sedianya, prosesi pengucapan sumpah jabatan pimpinan definitif dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Pinrang. Ketua DPRD Pinrang sementara, Muhtadin menyesalkan tertundanya proses pelantikan pimpinan definitif tersebut. Alasan penundaan pun, kata Muhtadin, juga tidak jelas. “Sekretariat DPRD Pinrang sudah menjalani sesuai prosedural, namun tiba-tiba ketua pengadilan membatalkan dengan alasan dia belum siap,”kata Muhtadin yang dihubungi melalui via telpon, Rabu 9 Oktober 2019.

Menurut dia dampak dari pembatalan itu, sejumlah agenda penting ikut tertunda. Agenda itu diantaranya, pembahasan alat kelengkapan dewan dan juga pembahasan rancangan peraturan daerah 2019, serta pembahasan rancangan APBD Pinrang 2020 yang begitu mendesak untuk disahkan.

Legislator asal Partai Demokrat itu berharap Ketua Pengadilan objektif dan mau duduk bersama menyelesaikan masalah ini. “Kita berharap jika ketua tidak ada waktu melantik, ini bisa diwakilkan ke pejabat lain,”harap Muhtadin.

Terpisah, Ketua PN Pinrang, Muhammad Aidil Kasim yang coba dihubungi melalui via telpon terkait penundaan tersebut, belum bisa memberikan keterangannya, nomor hp bernada aktif namun tidak diangkat.(mnr/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *