PPK Syarat untuk Posisi Jabatan Eselon II, Ini Penjelasan Sekda Parepare

by
Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad (kiri) bersama unsur Muspida dan pimpinan OPD lainnya.

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Jabatan Eselon II selaku pengguna anggaran (PA) menjadi incaran oleh para pejabat eselon III yang merasa layak, pantas, untuk promosi jabatan ke eselon II. Namun, untuk mencapai posisi tersebut bukanlah hal mudah seperti dahulu.Pemerintah Kota Parepare saat ini tengah merancang salah satu syarat menjadi pejabat eselon II, salah satunya adalah pernah menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sebelumnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, H Iwan Asaad AP MSi atas nama Wali kota Parepare mengungkapkan hal itu pada pembukaan sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang pejabat pengadaan barang dan jasa dan pelatihan manajemen pengadaan barang dan jasa di Hotel Bukit Kenari Kota Parepare, beberapa waktu lalu.

Mantan Kepala Bappeda mengakui, dirinya sudah berdiskusi dengan Asisten III H Jamaluddin Ahmad SE MM yang sekarang telah diangkat menjadi Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD). Perlu menjadi syarat bagi pejabat yang mau dipromosikan ke jabatan eselon II untuk terlebih dahulu menjadi PPK sebelumnya. Ini beralasan, karena bagaimana mungkin mau jadi PA atau Kepala Dinas jika tidak mengetahui pekerjaan dari PPK.

Bagi mereka yang sudah tiga kali dites menjadi PPK dan tidak lulus, maka akan diusulkan untuk tidak menjadi pejabat yang lebih tinggi. Pasalnya, boleh jadi hanya dirinya tidak mau lulus, perlu dipertanyakan selaku Aparat Sipil Negara (ASN) dalam lingkup Pemerintah Kota Parepare.

Bukan hanya itu, kata Iwan Asaad, kedepan menduduki jabatan PPK sudah menjadi pemikiran untuk dinaikkan kesejahterannya. Menjadi PPK itu sangat sulit, karena itu menjadi usulan untuk ditingkatkian kesejahteraannya melalui reward.(anj/ade)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *