Bersihkan Layanan Publik dari Pungli – Pare Pos – Online
Metro Pare

Bersihkan Layanan Publik dari Pungli

SABER PUNGLI. Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, saat mengukuhkan 37 personel SaberPungli), di Kantor Wali Kota Parepare, Selasa, 10 Januari.

PAREPARE, Parepos.co.id — Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, mengukuhkan 37 personel satuan tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Parepare, di Kantor Wali Kota Parepare, Selasa, 10 Januari.

Taufan mengatakan, pembentukan Satgas Saber Pungli, merupakan perintah presiden, Pemkot bersama Polri akan bersihkan daerah ini dari praktik ilegal.

“Kita ingin agar birokrasi berjalan baik, keterlambatan proses pelayanan pemerintahan disebabkan perilaku oknum yang yang masih melakukan praktik pungli. Ini harus dibersihkan,” katanya.

Taufan berharap, Satgas Saber Pungli bisa bekerja secara profesional dan mampu mengatasi praktik ilegal. Prilaku ilegal, kata dia, menyengsarakan rakyat.

“Saya minta camat dan lurah tolong hindari pengaruh atau godaan oknum yang mengarah pada praktik pungli. Kita fokus bekerja dan terus berprestasi agar masyarakat semakin sejahtera. Begitu juga ASN agar komitmen dalam memberantas pungli,” katanya.

Dia menegaskan, akan memberikan sanksi yang berat bagi pelaku praktik pungli berupa pemecatan. Taufan mengimbau jajaran pemerintahan membantu para Satgas agar melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Pemkot Parepare bersama TNI dan Polri berkomitmen dan mendukung program Presdien Joko Widodo dalam memberantas praktik pungli.

“Pemerintahan harus bersih dari praktik pungli, kita akan buktikan kalau Parepare bersih dari pungli. Semoga tim Saber Pungli diberi kekuatan dan profesional dalam menjalankan tugasnya,” katanya.

Pengukuhan Saber Pungli juga digelar Pemkab Soppeng di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Selasa, 10 Januari. Sebanyak 80 personel Saber Pungli dilantik Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.

Ke-80 personel Saber Pungli Soppeng ini terdiri atas unsur DPRD, Polres, Kodim 1423, Pengadilan Negeri, dan Kejaksaan Negeri serta dari Aparat Sipil Negara (ASN).

Kepala Kesbangpol Arafah, menyatakan, Satgas Pungli memiliki kewenangan membangun sistem dan pemberantasan pungutan liar serta melakukan operasi tangkap tangan.

Kaswadi Razak mengatakan, Saber Pungli diharapkan mampu menjadikan Bumi Latemmamala bebas dari praktik ilegal yang menghambat pembangunan. (dil-ami/ril)

Click to comment

Most Popular

To Top