BI Kembangkan Klaster Ikan Bandeng di Pinrang – Pare Pos – Online
Ekonomi

BI Kembangkan Klaster Ikan Bandeng di Pinrang

PAREPOS.CO.ID, PINRANG – Harga ikan laut sering mengalami lonjakan harga disebabkan minimnya ketersediaan di pasaran.  Berbeda dengan ikan bandeng hasil tambak, selain harga tidak melonjak, juga ketersediaan di pasar tersedia. Makanya,  Bank Indonesia (BI) menilai, di Sulsel, komoditi ikan bandeng mampu menurunkan nilai inflasi sekitar 0,8 persen. Manajer Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM Bank Indonesia Sulsel, Syamsul Bahri, mengatakan, dalam rangka mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, BI antara lain bertugas mencapai dan menjaga tingkat inflasi yang stabil. Sumber tekanan inflasi dari sisi permintaan dapat dipengaruhi BI melalui kebijakan moneter. Sedangkan dari sisi penawaran yang berada di luar pengendalian BI, dilakukan program pemberdayaan sektor ril dan UMKM melalui pola klaster.

Di Pinrang, dalam rangka pengembangan klaster ikan bandeng, BI perwakilan Sulsel dan Pemkab Pinrang akan melakukan penandatangan kerjasama (MoU), rencananya dilaksanakan, di ruang pertemuan Bupati Pinrang, hari ini, Senin 10 April. Dipilihnya komoditi unggulan ikan bandeng didasarkan pada kriteria komoditas yang menjadi sumber tekanan inflasi.  Seusai penandatangan MoU, dilanjutkan penebaran nener bandeng di kelompok pembudidaya ikan Tadangpalie, Kecamatan Suppa dan kelompok pembudidaya ikan Sipulung, Kecamatan Lanrisang. Ketua kelompok Sipulung, H Sudirman berterima kasih kepada Pemkab Pinrang dan BI karena kepedulian kepada petani tambak untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Menurut Syamsul Bahri, melalui kegiatan pengembangan UMKM, dapat membantu meningkatkan produksi melalui intensifikasi budidaya bandeng, memperbaiki jalur distribusi serta mendukung penciptaan iklim usaha yang kondusif.
Penandatangan MoU ini, selain akan dihadiri pimpinan instansi terkait, juga hadir Dirut Bank Sulsel, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, dan sejumlah pimpinan bank di Pinrang.

Sementara Asisten II Pemkab Pinrang, Chandra Yasin mengatakan, ikan bandeng merupakan salah satu komoditas unggulan sektor perikanan Kabupaten Pinrang. Jenis ikan ini dibudidayakan dalam lahan tambak air payau.
Dikatakan Chandra, panjang garis pantai Kabupaten Pinrang kurang lebih 100 kilometer dengan potensi tambak air payau mencapai 14.000 hektare yang tersebar di enam wilayah kecamatan pesisir. Ikan bandeng memiliki kandungan protein hewani yang digemari masyarakat Pinrang.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top