“Bos Narkoba” Lapas Tarakan Batal ke Parepare – Pare Pos – Online
new-picture-7
Nasional

“Bos Narkoba” Lapas Tarakan Batal ke Parepare

AMARAH: Puluhan narapidana saat berada di luar Lapas Tarakan, kemarin. Mereka menolak FD dibawa keluar lapas.

Parepos.co.id–Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Tarakan, menolak kedatangan rombongan Polres Parepare, yang ingin membawa seorang napi berinisial FD, terkait tertangkapnya Undin (36) di Parepare, 28 November lalu, saat membawa sabu-sabu sebanyak 3 kilogram (kg).
FD diperlukan dalam pengembangan keterlibatan oknum petugas lapas, FD diduga bisa mengatur peredaran sabu di dalam lapas ini.
Ratusan napi ataupun tahanan titipan Kejaksaan Negeri Tarakan ini tak menerima tindakan tersebut. Mereka merusak sejumlah fasilitas lapas.
Waka Polres Tarakan Kompol Risky Fara Shandy mengungkapkan, keributan disebabkan seorang warga binaan (FD) akan dimintai keterangan oleh oleh Polres Parepare. Saat itu, warga binaan minta agar FD dikembalikan.
Menjaga kondisi dan situasi, terpaksa FD dikembalikan ke dalam lapas dan batal dibawa ke luar Tarakan. Setelah itu suasana lapas kembali kondusif,” kata Risky kepada Radar Tarakan (grup PARE POS).
Saat kejadian, puluhan napi berhasil keluar area lapas. Petugas sipir yang jumlahnya hanya 50 tak sanggup menghadapi para tahanan yang jumlahnya mencapai 900 orang.
Para sipir juga dibantu personel Polres Tarakan yang menurunkan 150 personel, satu kompi Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim di Tarakan dan satu SSP (Satuan Setingkat Peleton) dari Kodim 0907/Tarakan.
Puluhan warga binaan akhirnya masuk kembali. Petugas lapas pun leluasa membersihkan sisa-sisa pecahan kaca dan bekas lemparan batu yang digunakan para napi.
Meski begitu, kata Risky, FD sebelum dibawa kembali ke lapas, ia sempat menjalani pemeriksaan awal pengembangan kasus Undin penyidik dari Polres Parepare.
“Pengambilan warga binaan FD ini dari dalam lapas sudah sesuai prosedur. Sudah ada izin dari Kemenkum HAM,” jelasnya.
Petugas lapas, Irwan Sopian mengatakan, fasilitas lapas yang rusak di antaranya kaca jendela kantor adiministrasi dan pintu utama lapas. Namun saat ini semuanya sudah dalam proses perbaikan.
Kasat Narkoba Polres Parepare, AKP Donny Dunggio, yang dikonfirmasi, Kamis, 8 Desember, mengatakan, sebanyak empat personel Polres Parepare yang ditugaskan ke Tarakan.
“Kami belum bisa menginformasikan lebih banyak, nanti setelah personel Polres Parepare pulang dari Tarakan, Kapolres akan menginformsikan,” katanya.
Personel Polres Parepare dikabarkan akan menjemput narapidana FD di Lapas Tarakan. FD diduga jaringan dari sejumlah pengiriman sabu antara lapas melalui Pelabuhan Nusantara Parepare. (dil/ril)

Click to comment

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top