BPJS Jamin Peserta JKN-KIS Periksa Kanker Serviks – Pare Pos – Online
Metro Pare

BPJS Jamin Peserta JKN-KIS Periksa Kanker Serviks

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan melaksanakan kegiatan pemeriksaan IVA/Papsmear untuk deteksi dini kanker serviks diseluruh kantor BPJS kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, juga dilaksanakan BPJS kesehatan Kantor Cabang Parepare. Salah satunya dengan kegiatan deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Cempae, Jalan Petta Oddo No 8, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Jumat 21 April.

Kepala BPJS Kantor Cabang Parepare, Alfiana Latumakulita menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan kesehatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear adalah sebagai bentuk program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS serta upaya menekan jumlah penderita kanker serviks. Melalui kerja sama dengan OASE-KK dan Kementerian Kesehatan, BPJS kesehatan siap memberikan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS. “Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini mendapat jaminan dari kami pihak BPJS kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya.” Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” ujar Alfiana Latumakulita.

Sementara itu, dr Andi Srie Angriany menyampaikan, kanker leher rahim atau lebih dikenal dengan kanker serviks saat ini menjadi penyebab kematian perempuan nomor dua di dunia setelah penyakit jantung koroner. Namun, dalam kurun waktu setahun ke depan diprediksi kanker leher rahim akan menjadi penyebab kematian wanita nomor satu, jika tidak dilakukan upaya deteksi dini dan pengobatannya. Saat ini,kata Srie, setiap dua menit seorang perempuan meninggal dunia akibat kanker serviks. “Setiap dua menit seoranng perempuan meninggal akibat penyakit kanker serviks, bayangkan berapa tiap harinya. Kita perlu lakukan pencegahan dan deteksi dini terhadap kanker serviks tersebut,” ungkap dr Andi Srie.(mg1/ade)

Click to comment

Most Popular

To Top