Bupati Matra Soroti KPUD, Ini Penjelasannya – Pare Pos – Online
Politik

Bupati Matra Soroti KPUD, Ini Penjelasannya

Bupati Mamuju Utara Ir H Agus Ambo Djiwa MP.

MATRA,Parepos.co.id– Dalam proses pencoblosan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) di Kota Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) menuai protes dari warga, dan proses telah berjalan hingga hari H pencoblosan. Ratusan warga tidak mendapat surat undangan memilih.
Komisioner KPUD Matra, Devisi Teknis, Harlywood Suly Junior mengakui, pencoblosan dan pengimputan hasil pencoblosan Pilgub Sulbar telah berjalan. Perhitungan suara bagi ketiga paslon. “Ingat hasil quick count di Pilgub Sulbar 2017,tidak menjadi dasar menentukan pemenang,” kata Harlywood.
Saat disinggung terkait data pemilih yang tidak semuanya mendapatkan surat undangan pencoblosan, kata Harlywood, meski orang lahir disini tidak memiliki e-KTP tentunya belum terdata. KPUD tentu data yang ada diserahkan ke Dinas Catatan Sipil untuk kepastian data pemilih, sesuai prosedurnya. Untuk kepastian data pemilih saat ini tentu sudah sangat valid, sehingga tidak perlu ada pengimputan ulang.
Terpisah, Bupati Matra Ir H Agus Ambo Djiwa MP sebelumnya melakukan pencoblosan di TPS 13, Dusun Tanjung Babia, Kelurahan Pasangkayu yang melakukan pemantauan keliling ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) mengakui, menemukan sejumlah TPS yang sunyi dari pemilih. “Sudah jam 10.00 Wita, jumlah warga yang ke TPS menggunakan hak pilihnya baru 30 persen.
Dari pengakuan warga surat undangan memilih model C 6 KWK dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tidak tersalurkan ke pemilih tepat waktu,”jelasnya.
Olehnya, Bupati dua periode itu menilai petugas KPPS tidak kerja maksimal. Sehingga surat undangan tidak semua tersalurkan. “Kok daftar panggilan kurang sekali beredar. Dirujab saja ada 16 orang wajib pilih, cuman empat orang yang dapat panggilan memilih. Nah dimana kelemahannya dan siapa yang salah,”ungkapnya. Olehnya itu, kiranya KPUD Matra, segera melakukan evaluasi dan kiranya kedepan hal demikian tidak terjadi lagi. (bur/ade)

Click to comment

Most Popular

To Top