Cabup Ini Ikut Menumbuk Gabah di Pesta Adat Mappadendang – Pare Pos – Online
Pilkada Polman

Cabup Ini Ikut Menumbuk Gabah di Pesta Adat Mappadendang

Parepos.co.id,PINRANG– Calon Bupati Pinrang Abdillah Natsir turut menumbukkan gabah dengan alu ke dalam lesung bersama para ibu-ibu, saat pesta adat Mappadendang, yang dilaksanakan pada masa panen di Kecamatan Cempa.

Abdillah pun larut dalam pesta adat, satu alu dipegangnya dan menumbukkan gabah yang berada di dalam lesung, bersama ibu-ibu penumbuk alu lainnya. Nampak keceriaan Abdillah dan para ibu-ibu dan warga yang hadir saat itu, merasakan kebersamaan dan syukur atas panen padi yang dihasilkan dari sawah-sawah mereka.

“Saya bersyukur bisa mengikuti acara pesta adat Mappadendang ini, karena ini adalah warisan leluhur dan budaya bugis yang harus terus dilestarikan. Dalam gagasan program Pinrang Baru, budaya lokal harus dilestarikan dan akan menjadi ciri khas Kabupaten Pinrang, baik dari sisi budaya, kuliner dan arsitektur bangunan,” kata Abdillah usai mengikuti pesta adat Mappadendang ini.

Abdillah yang juga Sekretaris DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) ini menambahkan, dalam konsep Pinrang Baru, kabupaten ini harus memiliki citra sendiri untuk mengenalkan wilayahnya ke tingkat nasional dan internasional, serta memajukan daerahnya. Karena itu, penting budaya Bugis menjadi ciri khas yang nilai-nilainya diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, pemerintahan, infrastruktur dan perekonomian masyarakat.

“Nilai-nilai budaya Bugis kita terapkan di semua bidang, sehingga budaya Bugis yang menjadi kebanggaan kita semua terus lestari. Dengan cara itu, Pinrang akan maju dan dikenal hingga ke tingkat nasional dan internasional,” tuturnya.
Seperti diketahui, Mappadendang adalah pesta tani yang dilakukan masyarakat Bugis sebagai rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Mappadendang ini dilakukan oleh para petani, dengan menumbukkan gabah pada lesung dengan tingkat besar (Alu) sebagai penumbuknya.(mnr/ade)

Most Popular

To Top