Cekdam Cina Topang Sejuta Kantong Air , Pemkab Anggarkan di APBDP – Pare Pos – Online
Pro Daerah

Cekdam Cina Topang Sejuta Kantong Air , Pemkab Anggarkan di APBDP

PAREPOS.CO.ID, WAJO– Kabupaten Wajo memiliki cekdam terbaik yang baru akan dikembangkan. Cekdam tersebut adalah milik warga, di Kawasan Pallalompoe, Kelurahan Cina, Kecamatan Pammana. Tempat ini mampu menampung air meski musim kemarau panjang. Cekdam yang memiliki mata air dengan kedalaman berkisar 5 meter itu adalah milik Muhsim atas inisiasinya sendiri. Menurutnya, sedikit pun tidak ada bantuan pemerintah di cekdam itu. Selain digunakan sendiri, juga membantu petani yang membutuhkan air, serta budidaya ikan tawar. “Musim kemarau tidak pernah kering. Ini merupakan inisiatif sendiri tanpa dibantu pemerintah. Jangankan dibantu, dikunjungi saja belum pernah,” ujar Muhsim.

Namun, kemarin, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Wajo, Darwin, Wakil Ketua DPRD Wajo, Rahman Rahim dan sejumlah pejabat lainnya, telah memataunya. Menurut Darwin, keberadaannya sangat potensial untuk dikembangkan, apalagi sejalan dengan program Bupati Wajo, yakni pembangunan sejuta kantong air, seperti  yang telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo. “Pontesial sekali cekdam milik warga ini. Ini akan menopang program sejuta kantong air di Wajo.  Letaknya juga sangat potensial, sehingga tidak perlu lagi memanfaatkan pompanisasi untuk mengairi lahan persawahan. Nantinya, tinggal kita desain yang anggarannya di APBDP,” ujarnya, kemarin.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Rahman Rahim mengungkapkan, cekdam milik masyarakat Kelurahan Cina itu, merupakan yang terbaik di Kabupaten Wajo. Selain memiliki sumber mata air, juga mampu mengairi area persawahan sekira ratusan hektare di tiga wilayah, seperti Kelurahan Cina, Desa Kampiri dan Desa Patampanua. “Sangat potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan terpadu yang memiliki multi fungsi, seperti pengairan, budidaya ikan tawar serta pariwisata. Letaknya sangat memungkinkan, di atas ratusan hektare hamparan persawahan serta memiliki pemandangan yang indah. Dapat dijadikan tempat wisata,” ujar Rahman Rahim.
Terpisah, Bupati Wajo, HA Burhanuddin Unru yang ditemui PARE POS di ruang kerjanya, berencana meninjau cekdam tersebut. Ia pun menginstruksikan kepada dinas terkait agar segera menganggarkannya. “Nanti saya pantau dan akan dianggarkan,” ujarnya.

Memang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo saat ini tengah memacu pembangunan sejuta kantong air sebagai sarana pendukung peningkatan hasil pertanian. Program tersebut menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Dalam menggenjot program tersebut, anggaran yang disiapkan sekira 50 juta per desa.
Rencananya, program sejuta kantong air ini bakal dijadikan program terpadu berskala nasional dan diterapkan di Indonesia. (*/ade)

Most Popular

To Top