Debat Kandidat Dijadikan Ukuran dan Referensi Pemilih – Pare Pos – Online
new-picture-7
Politik

Debat Kandidat Dijadikan Ukuran dan Referensi Pemilih

parepos
DEBAT KANDIDAT. Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Barat dalam debat yang kali pertama dilaksanakan di Gedung gabungan Dinas Pemkab Polewali Mandar (Polman).

POLMAN, Parepos.co.id — Debat kandidat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) berlangsung riuh. Tiga paslon menyampaikan visi misinya dengan baik serta mendapatkan sambutan yel-yel dari para pendukung masing masing.

Ketua KPU Sulbar Usman Suhuriah menyampaikan, kalau pelaksanaan debat publik yang di mulai hari ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada semua calon untuk menyampaikan program dan gagasannya. Debat itu kata dia, merupakan hal terpenting bagi masyarakat untuk mendapatkan kesempatan dan memperoleh informasi sekitar profil dan visi misi dan program kandidat sebagai referensi masyarakat dalam menetukan pilihannya.

Dalam konteks lebih jauh, debat akan mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan pemilukada. “Tentu masyarakat berharap dapat melihat pasangan mana yang memiliki visi misi yang unggul sebagai pilihannya. Debat kandidat direncanakan akan dilaksanakan selama tiga kali,” kata Suhuriah, Rabu 11 Januari, kemarin

Dari pantauan PARE POS, paslon Suhardi Duka dan Kalma Katta dalam penampil pertamanya berjanji akan menjadikan Sulbar maju, mandiri, sejahtera dan berbudaya. Maju dalam hal kemajuan infrastruktur dasar dan terpenuhinya kebutuhan listrik, air bersih, serta kebutuhan pokok masyarakat termasuk di dalamnya masyarakat bisa bekerja sesuai tingkat profesinya.

Sementara paslon nomor urut dua, Salim S Mengga dan Hasanuddin Mas’ud menginginkan terwujudnya masyarakat madani di Sulbar yang berbasis sumber daya lokal dan berkelanjutan. Hal ini akan diembannya dalam misinya membangun sumber daya manusia berintegritas mandiri dan berkualitas. Sedangkan, paslon Ali Baal Masdar dan Enny Aggraeny Anwar yang mengusung visi maju dan malabbi, berharap membangun Sulbar melalui pembangunan sumber daya manusia berkualitas dan berkepribadian, mewujudkan pemerintahan bersih, modern dan terpercaya serta menguatkan konektivitas antar wilayah berbasis unggulan strategis dan meningkatakan pertumbuhan ekonomi inovatif dan berdaya saing serta pembangunan lingkungan hidup berkelanjutan.

Pelaksanaan debat publik tersebut berlangsung aman dan terkendali tanpa adanya gesekan apapun, namun perlu menjadi catatan dalam pelaksanaan itu sempat terjadi hal kecil dengan padamnya listrik yang sedikit mengganggu jalan debat. (wal/ade)

Click to comment
space_iklan_400x650

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top