Duh Sosialisasi BPJS ‘Hujan’ Kritik – Pare Pos – Online
new-picture-7
Ajatappareng

Duh Sosialisasi BPJS ‘Hujan’ Kritik

PINRANG, Parepos.co.id- Sosialisasi  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kantor Puskesmas Cempa, belum lama ini, ‘hujan’ kritik dan saran. Sosialisasi yang dibuka Camat Cempa, Sahrir Pawittoi, dihadiri, pihak Dinas Kesehatan Pinrang, H Mursalim dan Drg Hj Fausiaa Faisal dan Kepala Puskesmas Cempa, dr Nilwan serta sejumlah tokoh masyarakat.
Berbagai kritikan muncul di acara tersebut. Saran dan kritik yang pertama datang dari Camat Cempa, Sahrir Pawittoi yang menyoroti kesulitan warga mendapat pelayanan dengan keterbatasan kantor pelayanan untuk pendaftaran BPJS secara manual disetiap kecamatan. Kegiatan pelayanan hanya di kota dengan jarak tempuh yang jauh.
Kritik juga muncul dari sejumlah tokoh masyarakat, termasuk Ilwan S dan kepala Desa Tanra Tuo, Andi Asrul. Mereka menyorot lambatnya pelayanan, birokrasi, fasilitas yang kurang dan sistem pembayaran.
“Jika program BPJS adalah program untuk membantu masyarakat, mengapa tidak dipermudah, sehingga masyarakat yang tinggal di pelosok Pinrang sebagai penggguna layanan dapat lebih mudah menerima layanan dari pelaku layana, yaitu pihak BPJS kesehatan.
“Kami harapkan kiranya pihak BPJS Kesehatan berkenan untuk mengubah atau memperbaiki sistem pelayanan yang lebih baik lagi, sehingga timbul kepuasan pengguna layanan,” harapnya.
Sementara Perwakilan BPJS Parepare, Ade didampingi pihak dinas Kesehatan, Drg Hj Fausiah Faisal mengapresiasi kepedulian warga terhadap keberadaan BPJS selama ini. Dengan berbagai kritik dan saran, merupakan langkah maju untuk lebih baik. “Karena kritikan salah satu upaya untuk melakukan perubahan  untuk lebih bagus,” kata Ade.
Ade dan Hj Fausiah mengakui, tiga tahun terakhir ini, BPJS bersama masyarakat di Kabupaten Pinrang, memang masih banyak kekurangan, namun mulai 2016 lalu, pihaknya terus memperbaiki kekurangan yang ada. Dengan berbagai keluhan selama ini, pihaknya meminta untuk secara ikhlas menyalurkan ke fasilitas pusat pengaduan BPJS. (ilo/lim)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top