Enam Figur Mengemuka di Pilkada Pinrang – Pare Pos – Online
Pilkada Pinrang

Enam Figur Mengemuka di Pilkada Pinrang

sALAH SATU FOTO FIGUR YANG AKAN MAJU DI pILKADA pINRANG

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Peta kekuatan jelang Pilkada Pinrang mulai teridentifikasi. Bahkan ada enam figur mengemuka akan bertarung nantinya. Diantaranya, Andi Irwan Hamid,  Jamaluddin Ja’far Jerre (Triple J), Abdul Latif, Abdillah Natsir, Usman Marham, dan Hamka Mahmud. Direktur Research and Development (RED) Institute, Haedar Ahmad membeberkan hasil identifikasi figur bakal calon (balon) Bupati Pinrang yang akan berhelat pada Pilkada 2018 mendatang.

Ia menyebutkan, ke enam figur tersebut merupakan balon yang teridentifikasi dalam riset yang dilakukan sepanjang Maret 2017.  “Ini baru identifikasi figur. Kami belum masuk dalam ranah popularitas, akseptabilitas, atau pun elektabilitas,” jelas Haedar saat Konferensi Pers di Warkop Amure, kemarin. Dia menjelaskan, pihaknya tak memandang sebelah mata figur yang baru memulai sosialisasi.  “Apa lagi kami belum masuk pada persoalan  jalur usungan parpol atau independen dan simulasi pasangan atau paket ideal,” kata Haedar. Dia menambahkan, identifikasi figur tersebut dilakukan dengan cara memetakan kekuatan logistik dan persepsi masyarakat tentang figur balon Bupati Pinrang. “Dari pemetaan itu teridentifikasilah enam  figur bakal calon tersebut,” pungkas Haedar.

Sebelumnya juga,  Jaringan Suara Indonesia (JSI) melihat perebutan kursi kepala daerah  dan wakil kepala daerah di Pinrang 2018 mendatang diyakini bisa memunculkan tiga poros kekuatan yang layak bertarung. Konsultan Politik JSI Arif Saleh mengatakan, Pilkada Pinrang 2018 mendatang merupakan salah satu daerah yang persaingannya diprediksi bakal ketat. Alasannya, kata dia,  selain pilkada di kabupaten yang pernah dijuluki kota “kospin” itu tidak diikuti petahana, karena sudah menjabat dua periode, juga figur-figur yang bermunculan tergolong kuat, baik dari segi Infrastruktur jaringan, ketokohan, maupun back up finansial yang memadai. “Kalau melihat nama-nama yang bermunculan di Pinrang, maka potensi persaingannya bakal ketat,” kata Arif Saleh yang lembaganya dikenal “merajai” kemenangan pilkada di Indonesia selama 7 tahun terakhir.

Menurut Arif, di samping figur lama yang sudah punya tingkat keterkenalan tinggi, juga sebagian pendatang baru di pilkada punya rekam jejak yang tergolong mumpuni untuk dijadikan modal maju bertarung. Lalu siapa-siapa nama yang diprediksi bisa bersaing ketat? Arif menyebut beberapa nama. Masing-masing, Sekprov Sulsel Abd Latief, Ketua DPC Demokrat Andi Irwan Hamid, serta tiga politikus Golkar, yakni Usman Marham, Abdillah Natsir, serta M Darwis. “Karena ada tiga nama yang menguat di Golkar, maka sangat riskan jika tidak dikomunikasikan baik-baik dalam menyepakati siapa yang didorong. Sebab jika tidak, bisa saja memunculkan riak yang dampaknya mereka bisa berlawanan. Dan kalau itu terjadi, maka Golkar yang dirugikan,” tambah Arif.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top