Enrekang Suplai Sayur Mayur ke Sulbar – Pare Pos – Online
new-picture-7
Ekonomi

Enrekang Suplai Sayur Mayur ke Sulbar

PAREPOS.CO.ID,MAMUJU — Produksi pangan utamanya sayur-sayuran di Kabupaten Mamuju masih sangat minim. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut mereka masih membutuhkan pasokan dari Sulsel utamanya Enrekang dan Gowa.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Dan Peternakan Mamuju, Sujiono, membeberkan bahwa sekira 60 persen komoditas sayuran di Mamuju didistribusi dari Enrekang dan Gowa, Sulsel. Faktor geografis juga jadi kendalan, dimana hanya bisa ditanami jenis sayuran yang hanya dapat tumbuh di dataran rendah saja seperti cabe dan beberapa sayur hijau lainnya.

“Saya akui kebutuhan sayur mayur di Mamuju itu masih tergantung pada Sulsel. Beberapa petani telah berusaha membudidayakan sayuran dan rempah tetapi tidak berhasil, lagi karena kondisi tanah yang tidak sesuai,” kata Sujiono, Minggu, 9 April.

Lebih lanjut dia juga menuturkan bahwa rendahnya tingkat pendidikan dan pengetahuan petani juga menjadi salah satu kendala tambahan. Salah satu buktinya adalah orientasi pertanian pada sistem agrobisnis yang mengacu pada permintaan pasar saja. Lebih lanjut pihaknya tetap akan mendorong petani agar lebih terampil lagi, termasuk dalam mengatur pola tanam agar tidak mengalami krisis hasil pertanian lagi.

“Kami akan mengupayakan peningkatan kualitas dan kapabilitas petani tetapi kita perlu membenahi kualitas petani, utamanya pada sektor pertanian modern. Sehingga kedepannya mereka akan bisa mandiri​ dan memproduksi pelbagai kebutuhan sayuran dan rempah dan menghilangkan ketegantungan dari Sulsel,” ungkapnya.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top