Hadapi Pilkada Figur Berburu Parpol, Koalisi tak Pasti – Pare Pos – Online
Pilkada Pinrang

Hadapi Pilkada Figur Berburu Parpol, Koalisi tak Pasti

Bakal Calon Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid resmi meluncurkan Rumah Bersama Sahabat Irwan yang terletak di pusat Kota Pinrang, tepatnya di Jalan Sultan Hasanuddin, Senin 17 April, kemarin.

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah  (Pilkada) di Kabupaten Pinrang mulai terlihat.  Pasalnya, beberapa figur mulai terang-terangan menyatakan diri siap maju bertarung di pilkada yang akan digelar secara serentak dengan 12 kabupaten/kota di Sulsel pada 2018, mendatang. Kendati sudah memperlihatkan sinyal untuk bertarung di Pilkada Pinrang.

Namun kandidat tersebut belum aman. Khususnya kendaraan politik. Buktinya para kandidat masih berburu parpol. Hingga saat ini juga, belum ada koalisi parpol yang pasti. Itu membuat pertarungan semakin ketat, baik dalam lobi kendaraan politik maupun lobi koalisi.  Partai Golkar misalnya, ada tiga kader terabaiknya yang didorong maju bertarung di Pilkada Pinrang. Adalah Abdillah Nasir, Usman Marham dan Darwis Bastama. Tiga kader ini pun Golkar ini pun belum aman, baik usungan internal Golkar, maupun kendaraan politik hasil koalisi.

Begitu pun dengan figur lainnya, Andi Irwan Hamid yang juga sudah siap maju kembali bertarung di Pilkada Pinrang ini. Meski sudah membentuk berbagai komunitas dan relawan serta melaunching Rumah Sahabat Iwan, tapi kader Demokrat ini juga belum aman dalam kendaraan politik.  Kandidat lainnya yang disebut-sebut akan maju berkompetisi di pilkada tersebut, yakni  Sekretaris Provinsi Sulsel, Abd Latif, politisi PAN, Jamaluddin Jafar Jarre juga belum memiliki kendaraan politik.

Bakal calon (Balon) Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid menjelaskan, Rumah Sahabat Iwan tersebut sebagai wadah menampung aspirasi dalam menyusun visi misi membangun Pinrang lima tahun ke depan.  Launching tersebut di sejumlah pengurus partai politik di Pinrang. Diantaranya PKB, PDIP dan Demkorat.  Selain Andi Irwan Hamid, kandidat lainnya juga melakukan pergerakan dengan mendekati sejumlah partai politik. Bahkan, ada diantara figur bakal calon bupati yang sudah mendaftar ke parpol lainnya.

Mereka itu adalah, Abd Latif dan Usman Marham melobi Partai Hanura untuk dijadikan kendaraan politik di pilkada nantinya. Usman Marham meminang Hanura agar bisa berkoalisi dengan Golkar dalam mengusung calon nantinya di Pilkada Pinrang.  “Kita mendaftar di Hanura untuk mencukupkan syarat usungan atau kendaraan politik. Sebab Golkar yang bakal menjadi kendaraan baru lima kursi, sementara masih tersisa tiga kursi untuk mencukupkan delapan kursi sebagai syarat. Makanya daftar di Hanura agar bisa berkoalisi, apalagi Hanura memiliki empat kursi,” ujar Usman Marham.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top