Harga Perumahan Diprediksi Naik 5% – Pare Pos – Online
Ekonomi

Harga Perumahan Diprediksi Naik 5%

MAKASSAR, Parepos.co.id -— Terjadinya lonjakan harga tidak bisa ditapik lagi. Setiap tahun khususnya di properti pasti mengalami kenaikan harga. Bukan hanya pada rumah komersil saja, namun untuk rumah subsidi pun demikian. Memasuki 2017 dipastikan harga rumah subsidi naik sebesar 5% dari tahun sebelumnya.

“Ini sudah jadi ketentuan pemerintah untik menaikkan harga rumah subsidi di tahun 2017,” ucap Ketua Real Estate (REI) Sulsel, Arief Mone.

Setidaknya pemerintah, kata Arief telah memiliki harga pasti untuk kenaikan tersebut. Ada beberapa wilayah seperti di Sulawesi pada tahun 2016 rumah subsidi seharga Rp122,5 juta. Untuk 2017 menjadi Rp129 Juta dan pada 2018 juga diprediksi akan menjadi Rp136 juta.

Bukan hanya soal harga yang diprediksi, Arief pun memprediksi hingga tahun depan perbandingan pemilihan rumah. Dimana 80% masyarakat tetap akan memilih segmen rumah menengah kebawah atau subsidi dibandingkan dengan rumah mewah. Perumahan subsidi memang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang membutuhkan hunian layak.

Di 2017 pihaknya yakin akan kondisi ekonomi yang berangsur pulih. Tapi pilihan masyarakat masih tetap seperti pilihanya di tahun 2016.

“Posisi segmen tadi tetap sama. Kondisi tahun ini belum stabil. Pencairan dan belum sepenuhnya, adanya tax amnesty yang banyak menguras dana masyarakat. Itu semuakan berdampak pada pembelian properti,” jelas Arief.

Untuk itu, di tahun 2017 pihaknya telah bersiap menaikkan target penjualan unit rumah dengan strategi yang juga telah dipersiapkan. Salah satunya seperti pameran dengan beragam program. (jpg)

Click to comment

Most Popular

To Top