Kementrian Perhubungan Imbau Warga Manfaatkan Program Mudik Gratis – Pare Pos – Online
Nasional

Kementrian Perhubungan Imbau Warga Manfaatkan Program Mudik Gratis

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau persiapan arus mudik lebaran

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Menyambut musim mudik Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan kembali berkolaborasi dengan BUMN dan mitra kerja menyelenggarakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis dengan total kuota angkut sebanyak 44.721 sepeda motor dan 208.435 penumpang. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program yang baik ini. “Dengan adanya program mudik gratis, kami mengimbau para pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh”, jelas Menhub dalam acara jumpa pers terkait mudik gratis beberapa waktu lalu.

Program ini khusus ditujukan untuk pemudik yang selama ini menggunakan sepeda motor untuk menempuh perjalanan jarak jauh ke kampung halamannya. Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan. Padahal, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar sehingga keselamatan pemudik kurang terjamin.

Menhub menerangkan, jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini meningkat cukup signifikan, yakni naik 57% untuk jumlah penumpang dan naik 155% untuk jumlah sepeda motor. “Berbeda dengan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis tahun 2016 yang hanya menggunakan moda bus dan kereta api, pada tahun ini Kemenhub menyiapkan moda bus, kapal penyeberangan, kapal laut dan kereta api”, terang Menhub.(rls/ade)

Most Popular

To Top