Kodim Polman Latihan Tanggulangi Bencana – Pare Pos – Online
Sulawesi Barat

Kodim Polman Latihan Tanggulangi Bencana

Kepala Staf Korem 142/Tatag, Letkol Inf Priono, menyematkan tanda latihan penanggulangan bencana Posko I Kodim 1402/Polman.

PAREPOS.CO.ID, POLMAN– Posko I Kodim 1402/Polman, melaksanakan latihan penanggulangan bencana selama tiga hari. Latihan ditandai dengan upacara kesiapan di Makodim 1402 Polman, kemarin, dengan inspektur upacara, Kepala Staf Korem 142/Tatag, Letkol Inf Priono. Latihan tersebut merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan, bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi bantuan kepada Pemda setempat. Hal itu sesuai dengan tema, Kodim  melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam.

Komandan Korem 142/Tatag, Kolonel Inf Taufiq Shobri dalam sambuatan yang  dibacakan Kasrem 142/Tatag, mengungkapkan, latihan Posko Kodim I merupakan upaya Kodim agar mampu mengaplikasikan dan menguji rencana operasi dengan Protap satuan, meliputi komando, kendali, komunikasi, komputerisasi serta informasi dalam mendukung pelaksanaan tugas operasional di lapangan dengan cepat dan tuntas. “Semua unsur komandan dan staf Kodim 1402/Polman dapat bertindak secara profesional, cepat dan tuntas serta mampu berkoordinasi dengan semua stakeholder, sehingga dalam skenario latihan posko I ini, diharapkan benar-benar realistis sesuai dengan dinamika kemungkinan terjadinya  bencana alam yang lebih besar yang dapat saja terjadi di Kabupaten Polman dan sekitarnya,” tegas Danrem.

Turut hadir pada upacara tersebut, para Dandim se-jajaran Korem 142/Tatag, Kapolres Polman, AKBP Adiwijaya, Wakil Bupati Polman, HM Naksir Rahmad MM, Kasi Datun Kejari Polman, Yanuar Fihawiano,  para Kasi Korem 142/Tatag, pimpinan SKPD serta undangan lainnya. Pasukan upacara yang terlibat, yaitu 1 satuan setingkat peleton (SST) Pok perwira, 2 SST Yonif 721/Mks, 1 SST Polres Polman, 1 SST gabungan Pol PP, Kominfo, Tagana, dan BPBD Polman. (*/ade)

Most Popular

To Top