Lahirkan Generasi Emas, Mahasiswa Terima Bantuan Beasiswa – Pare Pos – Online
Pendidikan

Lahirkan Generasi Emas, Mahasiswa Terima Bantuan Beasiswa

SERAHKAN BEASISWA. Wali Kota Parepare, DR HM Taufan Pawe menyerahkan bantuan beasiswa kepada mahasiswa di Ruang Pola Kantor Walikota Parepare, kemarin.

PAREPARE, Parepos.co.id — Kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terhadap pendidikan di Kota Parepare cukup tinggi. Setelah menyalurkan bantuan beasiswa kepada 130 orang peserta didik, Pemkot Parepare melalui Dinas Pendidikan kembali menyalurkan bantuan dana penyelesaian studi bagi mahasiswa.

Wali Kota Parepare, DR HM Taufan Pawe secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut kepada 24 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di ruang Pola Kantor Walikota Parepare, Jumat, 6 Januari.
Wali kota mengatakan, penyerahan bantuan beasiswa tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap dunia pendidikan. “Kami harapkan adanya batuan yang diserahkan kepada mahasiswa dapat memacu prestasi yang lebih baik lagi,” imbau Taufan Pawe.
Wali kota menjelaskan, ada dua hal yang fundamental harus dipenuhi dalam perjalan roda pemrintahan, yakni hak dasar dan pelayanan dasar. “Hak dasar dan pelayanan dasar tersebut, pendidikan ada di dalamnya. Maka harus dipenuhi,” ujarnya. Wali kota menyebutkan, setiap daerah harus memiliki karakter. Di mana karakter Kota Parepare adalah peduli akan kepentingan bersama. Dijelaskan wali kota, kebijakan bantuan beasiswa yang dikeluarkan ini sejalan dengan konsep kepedulian Pemerintah Kota Parepare untuk menyentuh langsung pelayanan dasar kepada masyarakat. “Bantuan ini murni dari APBD kota Parepare. Program ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2015 lalu. Hanya saja karena terkendala masalah teknis, maka baru bisa direalisasikan pada hari ini. Dan ini sebagai bukti komitmen dan tanggungjawab kami dalam mewujudkan Parepare sebagai kota mercusuar pendidikan,” kata Taufan.
Pemkot Parepare dalam memajukan kualitas pendidikan di Kota Parepare telah banyak melakukan terobosan dan inovasi.”Proses penyelenggaraan pendidikan, khususnya di Kota Parepare bukan hanya sebatas pemberian bantuan beasiswa, tapi kami juga intens meningkatkan kapasitas SDM untuk melahirkan generasi emas dengan mengirimkan SDM kita keluar negeri untuk belajar,” jelas Taufan.
Ia pun mengharapkan agar program kebijakan ini dapat disosialisasikan dengan baik agar kedepannya penerima bantuan beasiswa ini dapat bertambah.
“Apa yang kita lakukan pada hari ini dijadikan entrypoint untuk diterjemahkan dan disosialisasikan kedepan agar serapannya dapat lebih banyak lagi, sebab Pemkot saat ini tidak hanya konsen mengeluarkan kebijakannya saja, tetapi juga tetap memikirkan kesejahteraan masyarakat secara prima dan berorientasi pada kesejahteraan lahir dan batin,” pungkas Taufan. Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, H Anwar Saad menyebutkan sebanyak 24 mahasiswa mendapatkan dana bantuan beasiswa untuk tahun 2107. “Ada 10 mahasiswa untuk semester 3 dan 4, dan 10 untuk penyelesaian skripsi, dua untuk S1, dan satu orang untuk S2 dan S3,” ungkap Anwar.
Anwar menyebutkan, jumlah dana bantuan yang disalurkan tersebut sebesar Rp20 juta untuk mahasiswa S3, Rp15 juta bagi mahasiswa S2 dan Rp 10 juta bagi mahasiswa S1. ” “Sedangkan untuk mahsiswa semester tiga dan empat masing-masing sebesar Rp1,5 juta, sehingga totalnya Rp3 juta. Namun bagi mahasiswa S1 yang hendak menyelesaikan skripsi akan mendapat bantuan sebesar Rp1.250.000,” kata Anwar.
Anwar menambahkan, sesuai dengan harapan wali kota, bahwa adanya bantuan ini, mahasiswa dapat memberikan masukan kepada pemerintah dengan kajian akademik.
“Kami berharap ke depannya dapat terus dilakukan untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa yang lebih banyak lagi,” tandas mantan Kepala BKDD Kota Parepare ini. (mon/sar)

Click to comment

Most Popular

To Top