Lokasi Pembangunan PLTB Sidrap Dipantau Anggota DPR – Pare Pos – Online
new-picture-7
Ajatappareng

Lokasi Pembangunan PLTB Sidrap Dipantau Anggota DPR

KUNJUNGI PLTB. Anggota DPR-RI, Hj Fatmawati Rusdi mengunjungi lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Pabbaressang, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap, belum lama ini.

SIDRAP, Parepos.co.id — Anggota DPR-RI, Hj Fatmawati Rusdi mengunjungi lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Pabbaressang, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap, belum lama ini. Kunjungan tersebut untuk memantau kemajuan pembangunan proyek yang dikembangkan Independent Power Produser (IPP) UPC Renewables Indonesia bekerjasama PT Binatek Energy Terbarukan.
PLTB Sidrap rencananya diresmikan pada Mei mendatang oleh Presiden RI, Joko Widodo. “Kami melakukan kunjungan sekaligus pemantauan sejauh mana proyek itu sudah terlaksana,” kata istri Bupati Sidrap, H Rusdi Masse itu. Dalam kunjungan tersebut, perempuan yang akrab disapa Bu Titi itu menyebut kemajuan pembangunan proyek cukup bagus, dimana prosesnya sudah memasuki pembangunan pematangan lahan fondasi, termasuk persiapan pemasangan cincin fondasi turbin. “Mudah-mudahan cepat selesai, dan dimanfaatkan warga, karena selain ramah lingkungan, dan aman, juga tidak menimbulkan polusi udara,” ucapnya.
Dikatakan bahwa lokasi tersebut juga bakal menjadi ikon baru di Sidrap dan Sulsel, serta menjadi tujuan wisata dan edukasi. Dalam kunjungan itu, Ketua TP PKK Sidrap ini berbicara langsung menggunakan bahasa Inggris dengan para bule asal Australia yang merupakan pelaksana proyek pembangunan PLTB.
Adapun materi pembicaraan mereka tak lain seputar tahapan pembangunan kincir angin hingga selesai. Termasuk soal potensi wisata di wilayah itu. “Pemandangan di sini sangat indah, sangatlah bagus untuk jadi obyek wisata. Apalagi kalau PLTB-nya sudah jadi, akan semakin indah,” tandas Bu Titi.
PLTB Sidrap berkapasitas 75 Megawatt (MW) dengan kapasitas per turbin hingga 2,5 MW, ditarget beroperasi 2018 mendatang. PLTB Sidrap menelan investasi total US$150 juta dibangun di Desa Mattirotasi, Kecamatan Wattang Pulu, oleh perusahaan asal Amerika Serikat (AS), UPC Renewables. Sebanyak 30 turbin pembangkit listrik akan dipasang dalam kurun 2017 ini. Sebelumnya, Direktur UPC Renewables Indonesia, Dacre Purchase mengklaim, proses pembangunannya sudah memasuki tahapan baru pada pematangan lahan fondasi hingga eskavasi persiapan pemasangan cincin fondasi turbin.
“Kapasitas produksi listrik setiap turbin dari 30 turbin yang akan dibangun mencapai 2,5 megawatt. Sistem teknologi turbin PLTB Sidrap diimpor dari Spanyol,” ucapnya.
T?erpisah,? Community Relation Manager UPC Renewables Indonesia, Tahta Skober, saat dihubungi, kemarin membenarkan proses pembangunan PLTB Sidrap yang sudah memasuki tahap persiapan fondasi, apalagi jalur akses menuju lokasi sudah bagus.
“Kami rencana pada pertengahan tahun ini sudah mulai memasang menara dan turbin kincir angin. Mudah-mudahan bisa secepatnya selesai dan dimanfaankan masyarakat,” pungkasnya. (ira/lim)

Click to comment

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top