Mantap, Selangkah Lagi Matra jadi Pasangkayu – Pare Pos – Online
new-picture-7
Sulawesi Barat

Mantap, Selangkah Lagi Matra jadi Pasangkayu

pLT gUBERNUR sULBAR SAAT MENYAMPAIKAN SAMBUTAN DI hut kABUPATEN mATRA

PAREPOS.CO.ID, PASANGKAYU — Selangkah lagi Kabupaten Mamuju Utara (Matra) berganti nama menjadi Kabupaten Pasangkayu. Ini menguat pada puncak peringatan HUT ke-14 Matra di Alun-alun Kota Pasangkayu, Selasa 18 April.  Menjadi inspektur upacara Plt Gubernur Sulbar Carlo B Tewu, dan komandan upacara Drs Irfan Rusli Sadek MSi. HUT kali ini mengusung tema “Dengan Kebersamaan Kita Bangun Mamuju Utara Melalui Semangat
Nawa Jiwa”. Tema ini menjadi pendorong semangat kesuksesan Bupati Matra Ir H Agus Ambo Djiwa MP sebagai Ketua Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu.

Hadir saat upacara Wabup Matra Drs HM Saal, Wakil Ketua I DPRD Matra H Yaumil ADJ SH, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs Nandang SH, Danrem 142 Kolonel Inf Tofik Shobri, Gubernur-Wagub terpilih Pilgub AMB-Anny, mantan Gubernur H Anwar Adnan Saleh, para kepala daerah di Sulbar, serta OPD lingkup Pemkab Matra.
Plt Gubernur Sulbar Carlo B Tewu dalam sambutannya mengaku bangga atas peningkatan dan kerja sama jajaran pemerintah dan masyarakat Matra, sehingga Matra bisa berkembang dan maju. “Maka dari itu berubahnya nama Kabupaten Matra menjadi Kabupaten Pasangkayu tinggal menunggu waktu yang tepat untuk ditetapkan,” kata gubernur.

Gubernur berharap agar pemerintah bersama masyarakat dapat terjalin sinergitas yang baik demi Kabupaten Pasangkayu lebih baik ke depan. Dalam sejarah pembentukan Kabupaten Pasangkayu telah digagas H Yaumil ADJ yang mengkosolidasi dan sosialisaikan di tengah masyarakat. Saat itu dia adalah Kepala Desa Sarudu. Sementara Agus Ambo Djiwa di bidang diplomatik di jalur birokrasi untuk meyakinkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) saat itu. Agus saat itu juga menjabat Ketua KAPKP.

Dalam merintis terbentuknya sebuah kabupaten sebagai inisiator utama, menurut Yaumil, memang sulit penuh perjuangan. “Kami tempuh penuh liku-liku perjuangan luar biasa untuk mendapatkan rekomendasi. Perjuangan kita dari 2000 nanti mendapatkan rekomendasi 2001. Jadi perjuangan itu 2 tahun 7 bulan 9 hari baru bisa kita dapat rekomendasi,” ungkap Yaumil.  Karena itu pada HUT ke-14 Matra, Yaumil mengajak semua masyarakat bersatu bersama-sama membangun Matra yang sebentar lagi menjadi Pasangkayu, lebih baik ke depan.(*/ade)

Click to comment

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top