Pemkab Barru dan Kotabaru Jajaki Kerja Sama Transportasi Laut – Pare Pos – Online
new-picture-7
Ajatappareng

Pemkab Barru dan Kotabaru Jajaki Kerja Sama Transportasi Laut

Plt Bupati Kabupaten Barru, Suardi Shaleh dan Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar bersama rombongan mengunjungi Pelabuhan Garongkong, Barru.

BARRU, Parepos.co.id – Pelabuhan Garongkong Kabupaten Barru makin menarik dan menawarkan pesona, khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel). Salah satu kabupaten di provinsi itu, menawarkan kerja sama. Rabu malam, 15 Februari, Bupati Kabupaten Kotabaru, Kalsel, H Sayed Jafar bersama rombongan, berkunjung ke Kabupaten Barru. Mereka diterima Plt Bupati Barru, H Suardi Saleh MSi, di Rumah Jabatan Wakil Bupati Barru.
Sayed Jafar datang bersama istri dan rombongan, terdiri dari Sekda Kotabaru, Asisten III Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Bappeda Kotabaru, Kepala BPKAD, Kabag Pemerintahan, dan sejumlah direktur perusahaan di Kotabaru.
Sementara H Suardi Saleh didampingi Wakil Ketua TP PKK Barru, Hj Hasnah Syam, Asisten II, Usman Arsyad, Kadis Perhubungan, Andi Adnan Azis, Kepala BPKD, Abu Bakar, Kepala BPD, Andi Muhammad, serta sejumlah Kabag Setda Barru, dan mantan Wakil Bupati Barru, Andi Anwar Aksa.
Kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Kotabaru ke Kabupaten Barru untuk membangun kesepahaman tentang pembangunan moda transportasi laut interkoneksi antara kabupaten Kotabaru dengan Kabupaten Barru Provinsi.
Dalam sambutannya, H Sayed Jafar menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Kotabaru saat ini tengah membangun sarana angkutan laut untuk barang dan penumpang, berupa kapal feri yang berukuran besar. Kapal feri yang pengerjaannya telah mencapai 70 persen ini, memiliki panjang 90 meter. Kapal laut ini mampu menampung 100 unit kendaraan roda empat dengan kapasitas 1.500 penumpang. Kecepatan kapal mencapai 15 knot dan mampu menempuh rute Kotabaru ke Kabupaten Barru dengan waktu delapan jam.
Menurut Sayed, dengan adanya angkutan laut ini, hubungan dagang antara Kotabaru dengan daerah-daerah di Sulsel, utamanya Kabupaten Barru dapat semakin erat, dan mampu memacu pertumbuhan perekonomian kedua belah pihak. “Hubungan ini telah lama terjalin, termasuk hubungan perdagangan antara Barru dan Kotabaru. Dengan adanya sarana laut ini, maka hubungan dagang dan bisnis kedua daerah semakin bersinergi dan maju”, ungkapnya.
Pagi harinya, Bupati Kotabaru bersama rombongan mengunjungi Pelabuhan Garongkong yang berjarak 2 kilometer dari pusat kota Barru. Hal ini dimaksudkan untuk meninjau secara langsung kondisi dan situasi pelabuhan Garongkong agar bisa menyesuaikan dengan kapal-kapal dari Kotabaru yang akan berlabuh di pelabuhan tersebut nantinya.
Plt Bupati Barru, H Suardi Saleh, sangat mengapresiasi kunjungan Bupati Kotabaru bersama rombongan di Kabupaten Barru. Kunjungan kerja sekaligus silaturahmi ini, diharapkan semakin meningkatkan hubungan kedua belah pihak, baik kerja sama pemerintahaannya maupun hubungan bisnis. Kotabaru dan sejumlah kota lainnya di Kalimantan Selatan adalah salah satu destinasi para perantau pemuda Bugis Barru.
Hubungan dagang masyarakatnya juga terus berkembang dari waktu ke waktu, apalagi dengan difungsikannya Pelabuhan Garongkong yang semakin mempermudah jalur trasnsportasi laut, baik barang maupun penumpang. Suardi Saleh juga menyambut baik keinginan Pemerintah Kabupaten Kota Baru yang ingin membuka rute pelayaran laut dari Kotabaru ke Kabupaten Barru dengan kapal barunya.
Suardi Saleh berharap, dengan adanya tambahan kapal rute Kotabaru dan Barru yang mengangkut barang dan penumpang, hubungan dagang di kedua kota semakin berkembang. Hal ini tentu saja akan berpengaruh juga terhadap pertumbuhan ekonomi kedua belah pihak.
“Terima kasih atas kunjungannya ke Kabupaten Barru, semoga silaturahmi ini tetap terjalin dengan baik, kerja sama kedua daerah baik pemerintah dan masyarakatnya juga semakin maju dan meningkat. Perekonomian kedua daerah pun semakin berkembang serta membawa kemaslahatan masyarakat di kedua daerah,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top