Perubahan Nama Kabupaten Matra, Kementrian Ini Lakukan Kajian – Pare Pos – Online
Sulawesi Barat

Perubahan Nama Kabupaten Matra, Kementrian Ini Lakukan Kajian

MATRA,Parepos.co.id– Tim koordinasi dari tiga kementerian akan mengkaji secara komprehensif soal munculnya gagasan perubahan nama Kabupaten Mamuju Utara (Matra) menjadi Pasangkayu. Kementerian itu terdiri atas Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis 23 Maret, akan berkunjung untuk melakukan verifikasi lapangan terhadap izin Prakarsa Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (PPRPP) tentang perubahan nama tersebut.
“Insya Allah perubahan nama kabupaten itu akan terwujud. Tapi persoalannya, kami masih menunggu hasil survei dari tim koordinasi yang terdiri atas tiga kementerian. Kita juga berharap bertepatan pada HUT Kabupaten ke 14, sudah melaunching perubahan nama tersebut,” kata Bupati Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Ir H Agus Ambo Djiwa MP, beberapa waktu lalu.
Senada diungkapkan, Kabag Administrasi Pemerintahan Umum, Sekretariat Pemkab Matra, H Muh Hatta yang menjelaskan, usulan perubahan nama Kabupaten Matra menjadi Pasangkayu sudah digagas oleh Pemkab dan DPRD sejak dua tahun lalu. Kemudian telah melalui proses baik di tingkat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), hingga ke pemerintah pusat. Usulan perubahan nama kabupaten ini, kata Hatta, memiliki beberapa alasan, di antaranya adalah berdasarkan alasan historis serta politik dan ekonomi.
“Sejak awal perjuangan pembentukan kabupaten ini memang sudah menggunakan nama Pasangkayu. Tapi karena beberapa alasan, kemudian memakai nama Matra. Secara politik dan ekonomi, penamaan Matra juga kerap dirugikan karena orang di pusat sering terkecoh, dikiranya Mamuju sama dengan Mamuju Utara, sehingga beberapa bantuan nyasar ke Mamuju,” timpalnya. (*/ade)

Click to comment

Most Popular

To Top