Program SPP Gratis Tak Bisa Dilakukan, Ini Sebabnya – Pare Pos – Online
new-picture-7
Pro Daerah

Program SPP Gratis Tak Bisa Dilakukan, Ini Sebabnya

H Muhammad Irwan

PANGKEP, Parepos.co.id– Program Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) gratis bagi siswa yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT), nampaknya menuai kendala. Program yang merupakan bagian dari visi misi pemerintahan Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid dan Wakilnya H Syahban Sammana priode 2016-2021 itu menjadi salah satu pokok pembahasan di DPRD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) untuk TA 2017.

Anggota Komisi III DPRD Pangkep, H Muhammad Irwan menjelaskan, program itu terbentur pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 14 Tahun 2016 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan Sosial yang bersumber dari APBD. “Bukan kami menolak program tersebut, tapi ada aturan yang mengatur untuk pelaksanaan program yang diusulkan. Dan itu bertolak belakang dengan Permendagri No 14 Tahun 2016,”kata Ketua Partai Nasional Demokrat (NasDem) Pangkep itu, Kamis 22 Desember.

Diakuinya, program tersebut telah diketuk palu pada pembahasan interen DPRD Pangkep, Rabu 23 Desember, lalu bersama Dinas Pendidikan. Namun, lanjut Irwan, dirinya menyarankan untuk dikonsultasikan kembali, mengingat Permandagri telah berubah kebijakan dari Permandagri No 32 Tahun 2011 ke Permendagri No 14 Tahun 2016. ” Visi dan Misi pak Bupati dan Wakil Bupati sangatlah baik, tapi itu terkendala akan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Mendagri,”tegasnya.

Terpisah, Bupati Pangkep H Syamsuddin A Hamid SE tidak terlalu mempermasalahkan adanya penolakan dewan tersebut. “Iya, itu program SPP Gratis menjadi bagian dari visi misi kami. Jika bertentangan, tentu tak bisa dipaksakan karena niatnya baik untuk masyarakat. Olehnya itu, saya meminta untuk di konsultasikan  ke Badan Pemeriksa Keuangan,”singkatnya. (awi/ade)

Click to comment

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top