Ratusan Personil Disiagakan di Polman, Ini Agendanya – Pare Pos – Online
new-picture-7
Sulawesi Barat

Ratusan Personil Disiagakan di Polman, Ini Agendanya

img_0628
Karo Ops Polda Sulbar Kombes Pol Yohannes Suharmanto saat memeriksa barisan pada gladi pengamanan debat kandidat pasangan calon Gubernur Sulbar

POLMAN, PAREPOS– Jelang pelaksanaan debat kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar). Pihak kepolisian menyiagakan sedikitnya 600 personil untuk mengamankan jalannya debat kandidat yang akan dipusatkan di gedung Gadis, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Rabu 11 Januari, hari ini. Kesiapan tersebut terlihat dalam apel persiapan yang dipimpin langsung, Kapolres Polman AKBP Adiwijaya SIk, Selasa 10 Januari, dilapangan Pancasila, Polman. Untuk pengamanan debat kandidat tersebut, selainn kepolisian sejumlah personil gabungan juga terlibat diantaranya TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

Kapolres Polman, AKBP Adiwijaya SIk mengatakan, pembagian lokasi pengamanan masing-masing regu sudah dibagi dengan menempatkan beberapa personil pada titik lokasi yang dinilai rawan. “Ada 1 pleton Brimob dan 2 pleton anggota Polres Majene juga diturunkan untuk membantu pengamanan. Sistem pengawasan akan dibagi dibeberapa area, dengan menempatkan personil di jalan-jalan utama dan lokasi parkir kendaraan terutama dari ketiga pasangan calon dan pendukungnya,”jelasnya.

Sementara itu, Karo Ops Polda Sulbar Kombes Pol Yohannes Suharmanto SIk yang datang meninjau lokasi kegiatan debat meminta kepada personil untuk melakukan tugasnya dengan baik. Ia pun mengatakan, kalau perhelatan debat akan jadi isu nasional, dimana hanya tujuh daerah yang akan melangsungkan pelaksanaan Pilgub. “Ini akan jadi perhatian publik secara nasional, jangan sampai hanya pengamanan formalitas saja, tetapi diperiksa dengan ketat utamanya yang akan memasuki gedung,”imbaunya.

Khusus pengamanan di dalam gedung, akan diberikan sekat yang dibagi diantara massa masing pasangan calon (Paslon). Pendukung paslon hanya dibolehkan masuk sampai 150 orang saja, dan akan di sekat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, begitupun dengan yang ada diluar gedung,”terangnya.

Untuk mngantisipasi pengamanan diluar area, akan diberikan layar lebar untuk tiga paslon pendukung yang masing-masing akan dikawal oleh 40 personil pengamanan. “Tapi itu rencana KPU yang mau memasang TV diluar area, nanti saya konfirmasi lagi ke KPU, katanya. Pihak polisi juga akan menggladikan rangkaian pengamanan pemberangkatan paslon dari tempat masing-masing menuju ke lokasi acara. Rencananya, debat kandidat akan berlangsung tepat pada pukul 14.00 siang. (wal/ade)

Click to comment
space_iklan_400x650

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top