Terapkan Senyum, Salam dan Sapa di Samsat Kota Parepare – Pare Pos – Online
new-picture-7
Tomalebbi'ta

Terapkan Senyum, Salam dan Sapa di Samsat Kota Parepare

Kanit Regident Polres Parepare, Ipda Suwandi S.Sos

Kepemimpinan Ipda Suwandi sebagai Kanit Regident Polres Parepare masih terbilang baru. Layanan cepat, puaskan masyarakat menjadi perhatiannya di Kantor Samsat Parepare Jalan Jenderal Sudirman. Sebelumnya menjabat Kanit Regident Polres Parepare menggantikan pejabat sebelumnya Ipda Bakri yang kini menempati Kanit Regident Polres Maros, Ipda Suwandi bertekad untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal, termasuk melanjutkan program yang sudah ada. Salah satunya pemasangan tanda pengenal (id card) kepada wajib pajak, tamu serta biro jasa yang datang ke Kantor Samsat. “Untuk memberikan kenyamanan  pelayanan masyarakat, kita beri tanda pengenal untuk membedakan mana wajib pajak, biro jasa dan tamu,” ujarnya.

Selain itu, kata Ipda Suwandi, kenyamanan kepada masyarakat juga menerapkan 3 S. Yakni senyum, salam dan sapa. “Kita juga  memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam pelayanan tidak ada pungutan liar kepada wajib pajak,” jelasnya.
Ia pun ketat terhadap pelayanan bebas calo. ” Peraturan yang baru, kita berhati-hati dalam pelayanan yang menggunakan calo. Makanya setiap pengurusan diharapkan masyarakat sekiranya datang lansung ke kantor jika hendak mengurus surat kendaraannya,” imbau Ipda Suwandi.  Dia menambahkan, selama kelengkapan administrasi dan persayaratan yang dibawah masyarakat akan diproses sesuai prosedur.

Terlepas dari pelayanan, Ipda Suwandi sebelum menjabat Kanit Regident baik di Polres Parepare maupun tempat sebelumnya di Polres Maros. Ayah tiga orang anak ini memiliki banyak pengalaman selama bergabung di institusi Polri.  Sebagai abdi negara, ia  tentu  siap menanggung resiko kerja. Walau  terkadang harus berpisah dengan keluarga dalam waktu yang lama saat menjalankan penugasan di luar daerah. Teringat sewaktu masih anggota Brimob yang ikut dalam penugasan pengamanan konflik Poso. “Saat itu kita harus rela meninggalkan keluarga demi tugas negara,” ujar  Ipda Suwandi. Menurutnya, pengalaman selama masih bertugas sebagai anggota Intelijen Detasemen B Brigadir Mobil (Brimob) Polda Sulsel di Parepare selama 19 tahun itu, sangat luar biasa. Banyak suka dan duka serta pengalaman yang diperolehnya sebagai anggota Polri. “Cerita di Brimob itu, kita bergelut dengan tugas lapangan. Berbeda dengan jabatan saat ini. Kita fokus pada pelayanan kepada masyarakat, apalagi  jam kerjanya di dalam ruangan,” katanya.

Dia mengatakan, jabatan Kanit Regiden di wilayah hukum Polres Parepare tersebut dijabatnya setelah mendapat mutasi dari jabatan sebelumnya sebagai Kanit Regiden Polres Maros selama sekitar tujuh bulan lamanya. Dia pun menceritakan perjalanan kariernya pada insitutusi Polri yang diawali anggota Brimob. Dirinya bergabung di polisi umum, setelah mengikuti pendidikan perwira pada tahun 2013, lalu. Setelah selesai dari pendidikan perwira dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) tersebut, ia diberi amanah menjabat Kanit Dalmas di Polres Wajo. Tak lama menjabat Kanit Dalmas, ia  diamanahkan sebagai Kanit Laka Satalantas Polres Wajo. Jabatan tersebut di embannya selama kurang lebih tiga tahun lamanya.  Karena prestasinya, Ipda Suwandi pun terus memuncak kariernya di institusi Polri. Tepatnya Maret 2016 lalu, Ipda Suwandi pun dipercaya menjabat Kanit Regiden di Polres Maros, sebelum dimutasi ke Polres Parepare dengan jabatan yang sama. “Ceritanya beda. Setiap wilayah itu punya cerita tersendiri. Dan dengan jabatan ini, kita hanya layani masyarkat di dalam ruangan lagi,” tandasnya. (*/ade)

Data Diri
– Nama: Ipda Suwandi S.Sos
– Lahir: Sidrap, 7 Desember 1974
– Istri: Hj Ipha Mahmud
– Anak:  1. Muh.Thoriq Saputra
2. Putri Andivya Suwan
3. Muh Satrio Wira Tama

Click to comment

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top