TMMD Dipusatkan di Balocci dan Tondong Tallasa – Pare Pos – Online
Pro Daerah

TMMD Dipusatkan di Balocci dan Tondong Tallasa

Sinergitas Pemkab Pangkep bersama jajaran Kodim 1421 untuk gelar TMMD

PANGKEP, Parepos.co.id– Komando Distrik Militer (Kodim) 1421 Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), rencananya akan melaksanakan salah satu program kerja yang bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada pekan kedua bulan April mendatang. TMMD rencananya dipusatkan di dua wilayah Kecamatan Balocci dan Kecamatan Tondong Tallasa.
Hal itu disampaikan, Dandim 1421 Pangkep, Letkol Infantri Muh Musafag, usai rapat persiapan bersama Wakil Bupati Pangkep, H Syahban Sammana, dan para Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Pangkep, di ruang rapat Wakil bupati, Kamis 16 Februari.
Menurutnya, sesuai surat telegram Danrem 142/Tatag, Nomor : ST/01/2016, tanggal 26 Januari 2017, tentang perintah agar melaporkan rencana sasaran dan dukungan anggaran APBD dalam program TMMD ke-89 dan TMMD ke-99 TA.2017, maka Kodim 1421 Pangkep, melakukan rapat koordinasi bersama Pemkab Pangkep untuk membahas persiapan pelaksanaan program TMMD yang dipusatkan didua wilayah tersebut.Dandim mengatakan, kegiatan TMMD tersebut, merupakan program TNI yang bertujuan dalam bentuk pengabdian. “Rencananya, pekan kedua di bulan April ini kita laksanakan. Kegiatan ini bersifat sebagai pengabdian dan membangun desa. Dan untuk kesipan personil sendiri sudah siap,” ujarnya.
Adapun rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam TMMD tersebut, yakni melakukan pekerjaan fisik dan non fisik. Semisal fisik, diantaranya, perintisan jalan, pembuatan saluran irigasi, pemasangan bronjong, bedah rumah, rehab ruang kelas sekolah, dan pembuatan MCK. Sementara, kegiatan non fisik, seperti, sosialisasi penangkalan paham radikalisasi, terorisme, pengobatan gratis massal, dan khitaman massal. Termasuk agenda kegiatan lain yang mengedepankan kearifan lokal dengan didukung pendanaan dari Pemkab Pangkep.
Sementara itu, Wakil Bupati, H Syahban Sammana, mengatakan, apa yang menjadi program dari TNI, akan disupport langsung Pemkab Pangkep, dalam menjalin sinergitas antara pemerintah, aparat, dan masyarakat. “Kita akan support, dan itu sangat baik, kan juga demi kepentingan bersama. Cuma, kita pelajari juga apa yang menjadi item kegiatan TMMD sendiri. Mengingat, APBD Pangkep sendiri sudah disahkan. Melihat hasil paparan Dandim akan item kegiatan dalam TMMD, saya fikir, tidak ada masalah dan sudah sesuai apa yang telah di rencanakan pula dalam APBD,” ujarnya. (awi/ade)

Most Popular

To Top