Umpar Umrahkan 203 Mahasiswa – Pare Pos – Online
new-picture-7
Pendidikan

Umpar Umrahkan 203 Mahasiswa

FOTO BERSAMA. Rombongan mahasiswa pascasarjana (PPs) Umpar foto bersama saat pelepasan secara resmi, selasa 10 Januari di Auditorium Kampus II Umpar

PAREPARE, Parepos.co.id — Sebanyak 203 mahasiswa pascasarjana (PPs), program studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) berangkat umrah.

Selain program umrah, ratusan mahasiswa magister Umpar tersebut juga melaksanakan program studi lapang serta baitul arqam (Baitul Arqam adalah suatu bentuk pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan).

Program studi lapang Prodi PAI PPs Umpar merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh semua mahasiswa magister Umpar. Dengan demikian mahasiswa Umpar ini diharapkan memiliki pengalaman dan kemampuan serta ilmu yang tinggi dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

“Diharapkan nantinya tidak akan mengalami masalah saat melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi lagi maupun setelah terjun langsung kemasyarakat,” kata Ketua Panitia Pemberangkatan Dr Mahsyar Idris MAg, di Auditorium Kampus II Umpar, 10 Januari 2017.

Sementara Rektor Umpar melalui Wakil Rektor IV Umpar Dr Nasir Maidin MAg mengingatkan peserta untuk lebih mengutamakan dan meningkatkan ibadahnya. “Dalam program ini sekiranya peserta mampu menghabiskan bacaan Alquran sebanyak dua kali di Madinah dan Makkah, puasa Senin dan Kamis, Shalat berjamaah di masjid dan hal-hal yang telah diajarkan saat manasik lalu,” ingatnya.

Sementara itu, dalam kesempatannya, Wali Kota Parepare yang diwakili Ir Syahrial Djafar MT mengatakan pelaksanaan studi lapang bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa terkait tujuan dan sasaran serta salahsatu bentuk pembelajaran outdoor dimana terjadi kegiatan observasi untuk mengungkap fakta guna memperoleh data dengan cara terjun langsung ke lapangan. “Hal ini merupakan cara ilmiah sehingga akan didapatkan hasil yang lebih akurat,” katanya.

Syahrial yang membacakan naskah sambutan Wali Kota Parepare mengharapkan para peserta studi lapang dan baitul arqam dapat menjaga nama baik universitas dan nama baik daerah Kota Habibie ini.

Diakhir sambutannya, menyampaikan terimakasih kepada Universitas Muahmamdiyah Parepare yang telah memberikan kontribusinya yang begitu besar dalam pembangunan daerah kota Parepare. Tentunya dalam konteks pembangunan di daerah, beberapa hal yang mungkin dapat dikerjasamakan dengan Universitas Muahmmadiyah Parepare diantaranya pemngembangan sumber daya manusia yang berkulaitas dengan selalu meningkatkan dan memperkuat basis pendidikan masyarakat.

Terpisah Rektor Umpar Prof Dr H Muhammad Siri Dangnga MS yang juga ikut dalam rombongan memohon doa dan restu masyarakat, semoga perjalanan ibadah dan kemanusiaan ini berjalan lancar dan senantiasa dibawah lindungan Allah SWT

“Mohon doakan agar semua berjalan sesuai dengan harapan kita semua, doakan agar Umpar semakin berkembang,” ucapnya. (din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top