Wajo Peringkat 17 Nasional Literasi Prioritas – Pare Pos – Online
new-picture-7
Pro Daerah

Wajo Peringkat 17 Nasional Literasi Prioritas

Minat baca di Wajo

WAJO, Parepos.co.id–Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Wajo mendapatkan anugerah Literasi Prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Republik Indonesia (Ditjen Dikdasmen RI). Masyarakat Wajo khususnya bagi pelajar dianggap memiliki minat baca yang tinggi.Informasinya, Wajo berhasil menduduki peringkat ke-17 secara nasional serta peringkat kedua di Sulsel setelah Kabupaten Sidenreng-Rappang (Sidrap). Penghargaan tersebut diraih tidak lepas sosialisasi budaya baca yang digalakkan pemerintah bagi setiap pelajar. “Diantaranya kami wajibkan bagi pelajar Wajo membaca 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wajo, Jasman Juanda. Sementara itu, dalam meningkatkan budaya baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Wajo menyiagakan perpustakaan keliling.

Perpustakaan ini juga menjangkau pelosok pedesaan dalam rangka mengenalkan dan membiasakan masyarakat menerapkan budaya membaca.Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Wajo, mengatakan, perpustakaan tersebut akan mendatangi tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat seperti taman, cafe, bahkan rumah sakit.
“Perpustakaan keliling tersebut memiliki sekitar 200 judul buku,” ujarnya.Salah seorang siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Unggulan Kabupaten Wajo, Andi Putri Alifia Salsabiela mengajak masyarakat rajin membaca. Kata dia, dengan membaca menjadikan masyarakat akan banyak tahu dari sedikit hal dan bisa sedikit tahu dari banyak hal. “Intinya, membaca itu keren lah,” ujarnya
Gadis kelahiran 29 April 2001 itu sangat mengapresiasi langkah pemerintah dalam  menyediakan perpustakaan keliling bagi masyarakat Wajo. “Semoga perpustakaan keliling yang disediakan, dapat memancing minat untuk membaca khususnya kaum pemuda di Wajo. Karena dengan membaca jendela dunia telah kita buka,” tutupnya.(*/ade)

Click to comment

Most Popular

bannerr_bitmap
To Top