Wanita Cantik Ini Hobi Koleksi Badik – Pare Pos – Online
Tomalebbi'ta

Wanita Cantik Ini Hobi Koleksi Badik

Nurmi SI PECINTA BADIK

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE –Badik adalah senjata tajam khas masyarakat Bugis-Makassar. Dahulu badik merupakan senjata kebanggaan kaum pria di tanah Sulsel, badik digunakan untuk mempertahankan diri dari musuh. Bahkan ada yang mempercayai bila badik tersebut ada yang memiliki magic (mallise, menurut orang Bugis).
Namun saat ini senjata tajam yang dinilai berbahaya tersebut (badik) sudah berubah menjadi warisan budaya yang dilestarikan. Bahkan tidak hanya kaum pria, wanita pun kini ada yang hobi melestarikan warisan budaya tersebut.
Nurmi merupakan gadis remaja kelahiran Enrekang memiliki kegemaran mengoleksi dan merawat badik. Saat ini telah memiliki puluhan koleksi badik berbagai jenis. Ia pun ikut bergabung dalam komunitas Badik Celebes.
Kekaguman Nurmi akan badik bermula di 2015 lalu, saat itu dirinya tidak sengaja melihat pameran benda pusaka berupa badik di Salo Karajae, Kota Parepare.
“Awal kecintaan saya dengan benda pusaka ini sudah ada sejak 2015 lalu, sejak melihat koleksi pendahulu-pendahulu saya di acara pameran badik di Salo Karajae,” ungkapnya.
Seiring waktu berjalan, Nurmi mulai berburu badik untuk ia koleksi, ia mengaku mendapatkan sejumlah badik dari para seniornya yang tergabung dalam komunitas badik tersebut. Bahkan sekarang Nurmi sedang menunggu kiriman badik dari seniornya di Makassar untuk menambah koleksinya.
Ia pun berharap kaum wanita tidak lagi menganggap bahwa badik itu hanya untuk kaum pria semata. “Semoga di kemudian hari ada lagi sosok wanita-wanita yang punya selera yang seperti saya, badik tidak diidentikkan dengan pria, tapi badik identik dengan Sulawesi Selatan, dan merupakan pusaka yang perlu dilestarikan.” harapnya. (has/ade)

Click to comment

Most Popular

To Top