WBP Pangkep Gelar Khatam Al’Quran, Ini Tujuannya – Pare Pos – Online
Pro Daerah

WBP Pangkep Gelar Khatam Al’Quran, Ini Tujuannya

Khatam Al Qur'an yang diikuti warga binaan di Lapas Kelas 2 B Pangkep

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 B Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53. Kegiatan dilaksanakan dengan menggelar khatam Al Qur’an yang diikuti warga binaan. Sebanyak 204 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dimana dari jumlah tersebut sebanyak 80 persen dihuni narapidana umum. Terdiri dari 13 narapidana perempuan dan selebihnya laki-laki.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas 2 B Pangkep, Ashari menuturkan, jika kegiatan khatam Al’Quran diprakarsai oleh nusantara mengaji bekerjasama dengan lapas yang digelar
serentak di Indonesia. “Khatam Al’Quran merupakan satu bentuk implementasi pembinaan kepribadian revolusi mental bagi WBP yang beragama Islam, untuk menjadi manusia seutuhnya dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Dan juga ketika mereka bebas dari masa tahanannya mereka pun dapat diterima di masyarakat pada umumnya dan tidak melihat lagi apa yang menjadi perbuatannya terdahulu,”ujarnya, Kamis 20 April.

Dilapas Pangkep sendiri, kata Ashari, pihaknya pun telah rutin menerapkan gerakan wajib sholat berjamaah dan tadarrus bagi WBP. “Kita ingin pula merubah paradigma orang diluar, bahwa dalam lapas tidak selamanya terjadi kekerasan. Melainkan, kita ingin wujudkan selepas dari lapas nantinya, masyarakat umum melihat mantan binaan sebagai insan yang berakhlak mulia dan diterima kembali ditengah Masyarakat dengan mampu mengamalkan apa yang telah didapatkannya selama menjadi WBP,”harapnya.

Sementara itu, salah seorang narapidana, Heril Anwar mengakui, dirinya selama menjadi WBP merasa ada perubahan mental dan keimanan pada dirinya. “Yang pastinya pak, kegiatan seperti ini sangat positif dan bermanfaat bagi saya pribadi. Insha Allah kedepannya, ketika sudah berakhir masa tahanan disini, ilmu keagamaan yang saya dapatkan disini dapat saya terapkan diluar nantinya,”ujarnya.(awi/ade)

Click to comment

Most Popular

To Top