Asriyadi Samad Siap jadi 02 – Pare Pos
Pilwalkot Parepare

Asriyadi Samad Siap jadi 02

Asriyadi Samad bersama sejumlah awak media di Kota Parepare beberapa waktu lalu

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Setelah wacana kotak kosong melawan bakal calon Wali Kota Parepare petahana HM Taufan Pawe, kini muncul isu head to head atau satu lawan satu yakni HM Taufan Pawe dan Faisal Andi Sapada akan bertarung di Pilkada Parepare. Sebanyak empat partai dengan enam kursi di DPRD akan bergabung dan mengusung Faisal Andi Sapada (FAS). Keempat partai itu yakni Nasdem, PKS, Hanura, PKB dan PPP. Sementara itu HM Taufan Pawe, dipastikan melenggang dengan mulus setelah memenuhi syarat dukungan dari koalisi partai Golkar, PDIP, PAN, dan PBB. Namun, kedua figur tersebut belum mengumumkan siapa yang akan mendampingi di Pilkada Parepare. FAS diprediksi menggandeng elite PKS, Asriyadi Samad (AS). AS dipersiapkan mendampingi FAS.

Menurut Asriyadi, saat ini, perkembangan politik di Kota Parepare, masih dalam tahap lobi antar partai. “Doakan semoga lancar,” katanya. Ia mengaku, siap mendampingi FAS atau turun menjadi kosong dua, apabila sudah ada keputusan partai. “Saya harus tunggu keputusan partai, apapun yang di putuskan, saya akan siap,” jelasnya. Sementara itu, Taufan berencana mengumumkan pendampingnya, Januari 2018, mendatang. “Paling Januari sudah ditentukan siapa wakil yang akan digandeng pak Wali di Pilkada, calon wakil ditentukan pak TP,” kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Parepare, Siradj Andi Sapada, Jumat, 3 November.

Sejumlah kalangan menyebut, TP bakal mendampingi dari kalangan birokrasi. Saat ini, Kadarusman Mangurusi dan Nasarong menguat menjadi pendampingnya. Sebelumnya, warga net atau netizen menyebut Nasarong dan Kadarusman Mangurusi mendampingi TP. Pembicaraan warga di dunia maya, membuat Kaharuddin Kadir, terusik dengan adanya opini TP-Nas atau TP-KD. Menurutnya, belum ada keputusan secara resmi dari partai Golkar terkait TP-Nas dan TP-KD atau lainnya. Golkar belum memutuskan secara resmi siapa calon pendampingnya.

Pendukung FAS

Sementara itu, Wakil Wali Kota Parepare Faisal Andi Sapada disebut-sebut telah berhasil membangun koalisi. Ia sudah mengantongi dua kursi Nasdem, menyusul bergabung tiga partai lainnya segera bergabung. “Ketiga partai ikut bergabung yakni PKB, PPP dan PKS,” ujar Sekretaris Nasdem Kota Parepare, Heri Ahmadi, Minggu, 5 November. Jika tiga partai tersebut resmi bergabungnya, maka FAS akan melenggang dengan mulus di Pemilihan Wali Kota Parapare 2018, mendatang.

Ketiga partai itu yakni PKB satu kursi, PPP satu kursi dan PKS dua kursi, sehingga total kursi sebanyak enam. Sementara syarat memgusung calon wali kota minimal didukung lima kursi. Sementara itu, paket FAS- Rahmat Sjamsu Alam (RSA) yang diwacanakan beberap waktu lalu, belum pasti akan berlanjut hingga pendaftaran di KPU. “Masalah wakil menunggu keputusan RMS (Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse), “jelas legislator dari Partai Nasdem Parepare ini. (wal/ril)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!