Dewan Pendidikan Pinrang Road Show di 12 Kecamatan – Pare Pos
Pendidikan

Dewan Pendidikan Pinrang Road Show di 12 Kecamatan

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Pinrang memiliki fungsi mendorong tumbuhnya perhatian masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan. Untuk memaksimalkan fungsi tersebut, Pengurus Dewan Pendidikan Pinrang road show di 12 kecamatan di Kabupaten Pinrang, diawali di Kecamatan Lembang, Rabu 1 November 2017. Road show dilakukan di setiap UPTD pendidikan, sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan di daerah tersebut dan bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk menyampaikan kepada publik melalui terkait sejumlah hal, termasuk produk hukum. Diantaranya, PP 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaran pendidikan dan Permendikbud nomor 75 tahun 2016 serta kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang.

Kegiatan perdana memilih UPTD Lembang, mendapat respons positif, dihadiri Kepala UPTD Lembang, Usman MPd, sejumlah kepala sekolah, ketua komite serta tokoh masyarakat Lembang. Ketua Dewan Pendidikan, Dr Sulaeman Milla MA mengungkapkan, komite sekolah penting untuk tahu landasan hukum keberadaannya, karena mereka mempunyai kedudukan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan. “Komite adalah lembaga mandiri yang keberadaannya tidak terikat oleh pihak manapun,” ujarnya.

Sulaeman Millah didampingi sejumlah anggota DP Pinrang mengatakan, karena pentingnya peran komite sekolah sebagai pilar masyarakat dalam manajemen berbasis sekolah, sehingga komite perlu terlibat secara aktif dalam perencanaan dan penganggaran di sekolah. Diharapkan komite sekolah paham dan mengerti peran, fungsi, lingkup kerja, hak dan wewenangnya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. “Bila peran dan fungsi komite dikuatkan, baik sebagai penghubung, penampung aspirasi masyarakat, pemberi pertimbangan dalam perencanaan, kinerja capaian pendidikan dan sebagai pengontrol yang melaksanakan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, maka masalah di sekolah, termasuk Pungli tidak akan ada,” katanya. (ilo/lim)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!