Mahasiswa STAI DDI Pangkep Jadikan Bulukumba dan Torut Lokasi Studi Lapangan – Pare Pos
Pendidikan

Mahasiswa STAI DDI Pangkep Jadikan Bulukumba dan Torut Lokasi Studi Lapangan

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Mahasiswa STAI DDI Pangkep melaksanakan studi lapangan industri di dua wilayah kabupaten yakni Bulukumba dan Toraja Utara. Kegiatan itu dalam rangkaian proses pembelajaran dan Pencapaian Kurikulum mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Hal itu diungkapkan, Ketua Prodi Ekonomi Syariah STAI DDI Pangkep, Sibgatullah Halik, Rabu 6 Desember, diruang kerjanya. Studi lapangan merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh dosen pembimbing bekerjasama dengan pihak kampus. Selama beberapa tahun terakhir ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Pangkep, Maros ataupun Kota Makassar. Namun tahun ini, kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Toraja Utara dan Bulukumba.

Mereka yang dilibatkan, lanjutnya, adalah mahasiswa semester 1 prodi Ekonomi Syaria, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam. “Kita akan berkunjung ke Pabrik Pembuatan Kopi, industri tenun sutra, Rumah Adat Tongkonan dan aneka ragam budaya di Toraja Utara. Sedangkan Mahasiswa prodi PAI jurusan Tarbiyah berkunjung ke Industri pembuatan Kapal Pinishi Tana Beru dan Adat Budaya Ammatoa di Kajang,”kata Sibgatullah. Tujuan dari studi lapangan industri ini sendiri untuk pencapaian target dari kurikulum mata kuliahs erta menambah wawasan kontekstual tentang teori IAD, ISD dan IBD.

Sementara itu, Ketua STAI DDI Pangkep, Drs KH Hasbuddin Halik, Lc, menurutnya kedua kabupaten yang dipilih untuk kunjungan studi, kaya dan komplit dengan nuansa teknologi industri, sosial dan budaya di lapangan industri itu merupakan program kulikulum, yang telah diterapkan beberapa tahun terakhir ini,”ujarnya. Kegiatan Studi Lapangan ini diharapkan mampu menambah wawasan kontekstual mahasiswa tentang Teknologi IAD, Lingkungan Sosial dan Budaya Masyarakat yang berbeda beda. Dalam tiga tahun terakhir ini, pihaknya telah menerapkan studi lapangan industri kepada mahasiswa, dengan mengambil lokasi di Kabupaten Pangkep (PT. Semen Tonasa dan Perusahaan Marmer Citatah), Kabupaten Maros (PT. Bosowa), dan Makassar (Indofood). (awi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!