Oknum Polisi Berpangkat Brigpol jadi Aktor Utama Pengedar Uang Palsu – Pare Pos
Hukum dan Kriminal

Oknum Polisi Berpangkat Brigpol jadi Aktor Utama Pengedar Uang Palsu

Lima Pelaku beserta barang bukti uang palsu dan alat pencetak uang palsu

PAREPOS.CO.ID, PINRANG– Tim Resmob Satuan Reskrim Polres Pinrang berhasil mengungkap sindikat pengedar uang palsu di Kabupaten Pinrang, Rabu 6 Desember, kemarin. Dari lima pelaku, satu diantaranya merupakan oknum polisi yang bertugas di Polres Mamasa, Sulbar. Oknum polisi berpangkat Brigadir Polisi (Brigpol) diketahui bernama Andi Aswar (25) diduga merupakan aktor utama dalam kasus tersebut. Data yang dihimpun pengungkapan kasus ini berawal saat tim resmob menerima informasi dari masyarakat akan adanya peredaran uang palsu yang dilakukan Andri Suardi alias Appi bersama Andi Bangsawan.

Setelah dilakakukan penelusuran tim Resmob kemudian akhirnya berhasil mengamankan dua pelaku yaitu Andi Bangsawan (30), warga Kampung Ammasangan Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang dan Andi Pangurisang alias Cicang (30), warga jalan Lasinrang Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Keduanya dibekuk aparat di Kampung Bulu, Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang  sekira pukul 09.00 Wita. Dari tangan pelaku ditemukan barang bukti berupa 1 lembar uang palsu pecahan Rp50 ribu. Setelah itu dilakukan pengembangan, polisi kembali berhasil meringkus tiga pelaku lainnya masing-masing, Andi Ismail, Andri Suardi alias Appi (38), warga jalan Elang Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang serta Andi Aswar (25), warga jalan Teuku Cik Ditiro Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang yang berstatus anggota Polri dan bertugas di Polres Mamasa Sulbar.

Sementara hasil pemeriksaan sementara, pelaku Andi Aswar mengakui perbuatanya. Dia membuat uang palsu dengan menggunakan alat berupa satu unit printer merek EPSON dengan Kertas HVS dan uang kertas asli. Oknum polisi  itu bermaksud membuat uang palsu tersebut yaitu untuk diserahkan kepada temannya untuk dibelanjakan. Selain lima orang ditetapkan sebagai tersangka, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 12 lembar uang palsu yang terdiri dari 3 pecahan Rp100 ribu dan 9 pecahan Rp50 ribu dengan total sebanyak Rp750 ribu dan 1 Printer merek EPSON. Kapolres Pinrang, AKBP Adhi Purboyo yang dikonfirmasi, Kamis 7 Desember, membenarkan adanya pengungkapan kasus uang palsu tersebut. “Saat ini Lima pelaku masih menjalani pemeriksaan dan barang bukti telah kita amankan di Polres Pinrang” kata Adhi. (mnr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!