Sanksi Menanti, Bawaslu Warning ASN Soal Ini – Pare Pos
Pilkada Sidrap

Sanksi Menanti, Bawaslu Warning ASN Soal Ini

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel memberikan peringatan kepada seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) yang masih memakai mobil brending atau atribut pasangan calon (Paslon) agar segera membuka atau melepasnya. Atribut yang dimaksud, baik mobil brending Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, serta Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak 2018.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sulsel, Muh Azry Yusuf dalam acara sosoalisasi netralitas ASN di Sidrap menegaskan, bagi yang memakai mobil brending paslon menunjukkan bahwa oknum ASN itu tidak lagi netral. Artinya sudah melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, termasuk Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Menurutnya, ASN yang tidak netral itu bisa dikenakan hukum disiplin ringan, sedang dan berat. “Jadi ASN yang tidak netral bisa kena saksi hukuman berat, salah satunya pemberhentian tidak dengan hormat sebagai abdi negara,” tandasnya.

Sementara, Ketua Panwas Sidrap, Mujardin menegaskan, pihaknya saat ini rutin melakukan pencegahan terhadap semua pihak termasuk kenetralam ASN. “Hingga saat ini, sebelum tahapan kita lakukan langkah pencegahan baik dalam bentuk imbauan, sosialisasi, hingga menyurat ke instansi-instansi pemerintahan. Jadi jangan salahkan kami dalam tahapan nanti jika ada yang melanggar pasti kita tindak sesuai peraturan perundang-undangan,” tandasnya. (ira)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!