Ketahuilah 7 Cara Menghilangkan Bau Badan yang Mudah dan Tepat

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Cara menghilangkan bau badan menjadi salah satu hal yang penting. Karena dapat menganggu aktivitas Anda dan orang-orang di sekitar Anda, serta bau badan akan membuat Anda tidak percaya diri. Aroma yang tidak sedap tersebut dapat disebabkan oleh adanya pertumbuhan bakteri yang merubah keringat menjadi zat asam di permukaan kulit dan ketiak.

Jika Anda merasa produksi keringat di ketiak Anda terlalu berlebihan, kondisi ini disebut sebagai hiperhidrosis. Namun, Anda bisa menghilangkan bau badan dengan cara yang mudah dan tepat, simak ulasan ini lebih lanjut, yuk!

Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Terdapat beberapa makanan yang dapat membuat produksi keringat lebih banyak, seperti makanan pedas yang ditambah cabai, bawang putih dan merah, hingga minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Jika Anda merasa bau badan yang tercium dan sangat mengganggu, Anda bisa kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang telah disebutkan.

Mandi Secara Teratur

Mandi dapat membantu Anda dalam mengilangkan bau badan yang dapat Anda lakukan paling minimal sekali dalam sehari. Anda harus mandi secara teratur, sehingga kulit bisa terbebaskan dari bakteri, kuman, dan debu yang sering menimbulkan bau tidak sedap.

Anda juga perlu mandi secara benar dan jangan asal-asalan. Anda perlu fokus membersihkan bagian yang rawan berkeringat, seperti di wajah, leher, ketiak, dan bagian lainnya yang terasa kotor.

Gunakan Sabun Khusus

Bagi Anda yang merasa masih bau badan setelah mandi, Anda perlu menggunakan sabun khusus saat mandi, seperti sabun antibakteri. Sabun ini cukup berbeda dari sabun yang biasa digunakan, karena bisa membanntu Anda dalam mengurangi bakteri yang menyebabkan bau badan.

Namun, Anda perlu ingat, jika Anda memiliki kulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati, sebab penggunaan sabun antibakteri tidak cocok dengan kulit sensitif.

Keringankan Badan

Setelah memperhatikan penggunaan sabun, Anda juga perlu memperhatikan cara mengeringkan badan secara benar. Anda harus mengeringkan di beberapa area yang sering menghasilkan keringat, misalnya di bagian ketiak.

Anda bisa usap bagian ketiak dengan handuk secara perlahan hingga kering. Hal ini dapat membantu Anda dalam mencegah bau badan agar tidak berkembang biak.

Perhatikan Pakaian yang Dikenakan

Bahan pakaian yang Anda gunakan sangat berperan penting dalam mengatur bau badan. Anda perlu mengenakan bahan pakaian yang bisa menyerap keringat dan pastikan sudah bersih, seperti bahan katun.

Seperti yang kita ketahui, bahan katun sangat nyaman dipakai dan tidak akan membuat tubuh Anda terasa gerah secara berlebihan.

Menggunakan Deodoran atau Antiperspiran yang Tepat

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa deodoran atau antiperspiran merupakan istilah yang sama, tetapi keduanya jelas berbeda. Deodoran hanya digunakan untuk wewangian di ketiak agar bisa menghalangi bau badan yang muncul dan tidak dapat mencegah keringat yang keluar.

Sementara antiperspiran bisa berfungsi untuk mengurangi produksi keringat yang berasal dari tubuh Anda. Bagi Anda yang hiperhidrosis, Anda bisa mencoba menggunakan antiperspiran yang dijual di pasaran.

Lakukan Teknik Relaksasi

Anda bisa melakukan yoga dan meditasi sebagai teknik relasasi secara rutin agar bisa mengontrol stres. Sehingga produksi keringat yang menyebabkan bau badan dapat berkurang, karena stres Anda pun berkurang.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan bau dengan mudah dan tepat. Anda bisa ikut berbagai cara diatas dengan aman dan nyaman, tetapi jika tidak berhasil, Anda bisa konsultasikan ke dokter.(*)

  • Bagikan