Menparekraf Siap Kembangkan Sektor Wisata Bahari di Pangkep, Ini Langkahnya

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID– Potensi pengembangan wisata bahari Indonesia yang menjadi bagian dalam rangka pemulihan ekonomi akan menjadi perhatian dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Tahun 2022. Hal itu diungkapkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam Weekly Press Briefing perdana secara online dan offline di Gedung Sapta Pesona, Senin, 3 Januari 2022 yang diikuti PAREPOS.FAJAR.CO.ID secara online.

Menyikapi pertanyaan yang disampaikan Parepos tentang potensi wisata bahari di Sulawesi Selatan, terkhusus wilayah pulau di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Menparekraf mengaku, keberadaan pulau-pulau berada dalam satu kolom minat khusus yakni wisata bahari. Saat ini memperlihatkan pertumbuhan yang sangat sehat dari segi tingkat permintaan dan merupakan peluang.” Oleh karena itu diwilayah seperti Pangkajene dan Kepulauan atau Pangkep yang pulau banyak sekali itu, tentukan merupakan peluang,”ujarnya.

Sandiaga Uno mengakui, segera akan berkoordinasi dengan Badan Promosi Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Pak Andri untuk memetakan. “Kami sudah melihat Toraja sebagai ikon, ada Selayar juga Tanjung Bira di Bulukumba, desa-desa wisata di Sinjai, Gowa dan Malino Hiland. “Sulsel ini memiliki begitu banyak keberagaman dari pada destinasinya, termasuk di pulau-pulau yang berpenghuni maupun tak berpenghuni,”jelasnya.

Selain itu, tambah Sandiaga, Kemenparekraf memiliki Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar untuk memetakan dan membuat paket wisata untuk pengembangan ekonomi dibidang wisata.

Pangkajene dan Kepulauan

Daerah yang dikenal akan semboyan ‘Kualleangi Tallanga Na Toalia ‘ dengan luas wilayah 12.362,73 kilometer persegi dengan luas wilayah daratan 898,29 kilometer persegi dan wilayah laut seluas 11.464,44 kilometer persegi. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) sebagai daerah penghasil budidaya ikan bandeng dan udang terdiri dari 13 kecamatan, 4 kecamatan terdiri dari gugusan pulau-pulau.

Dari bentangan 4 kecamatan kepulauan itu, terdapat 115 pulau. 73 pulau berpenghuni, dan 42 pulau tidak berpenghuni.Namun, ratusan pulau-pulau di Kabupaten Pangkajene Kepulauan ini dikenal pemandangan bawah lautnya yang indah masuk dalam gugusan spermonde. Dari sekian banyak pulau terbentang di wilayah Kabupaten Pangkep, pulau-pulau yang masuk wilayah Kecamatan Liukang Tangaya dan Liukang Kalukuang Masalima merupakan yang sulit dijangkau karena berada diwilayah terluar Kabupaten Pangkep. (ade)

  • Bagikan