Bupati Buton Utara Berguru di Soppeng

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Bupati Buton Utara, H Muh Ridwan Zakariah melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Soppeng.

Kedatangan Bupati Buton Utara bersama rombongan disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Soppeng, H Andi Tenri Sessu bersama Ketua TP PKK Hj Nurjannah Kaswadi dan pimpinan SKPD, di Villa Yuliana, Selasa malam 1 Februari.

Bupati Buton Utara, H Muh Ridwan Zakariah menjelaskan, maksud dan tujuan kedatangannya untuk melihat perkembangan yang ada di Kabupaten Soppeng. Dimana Soppeng sebagai kabupaten yang sudah cukup lama berkembang.

” Jadi banyak hal yang dapat kami pelajari, mengambil pengalaman dan melihat kemajuan baik di sektor ekonomi, sosial maupun politik,” ungkapnya.

Muh Ridwan mengaku juga ingin Kabupaten Buton Utara bisa berkembang seperti Kabupaten Soppeng dan itu harus memulai dari mana. Karena Buton Utara juga memiliki potensi seperti Kabupaten Soppeng dengan lahan yang cukup untuk persawahan, tetapi Soppeng jauh lebih maju.

” Sehingga kiat-kiat seperti ini yang ingin kami galih dan ketahui seperti apa yang harus kita bangun di sektor pertanian. Berkembangnya persawahan di Kabupaten Buton Utara itu karena adanya faktor transmigrasi. Alhamdulillah sekarang kita sudah menggarap persawahan yang beririgasi walaupun tidak semaju di Kabupaten Soppeng,” kata Muh Ridwan.

Selain bidang pertanian, Ridwan mengaku juga mengenal Kabupaten Soppeng sebagai kota wisata. Saya mengenal Soppeng sejak tahun 1975 dan terakhir ini luar biasa perkembangannya baik di sektor pariwisata maupun sektor lainnya seperti infrastruktur.

Dikatakan, kita tidak bisa menyangkal kalau Kabupaten Soppeng jauh lebih maju dibanding Kabupaten Buton Utara yang 14 tahun terakhir ini berkembang.

” Jadi banyak hal yang bisa kami tiru mulai dari pembangunan pedesaan, pembangunan perkotaan dan kebersihan kotanya. Saya kira ini semua adalah cara yang sangat baik yang dapat kami contoh dan bawa pulang di Buton Utara untuk dapat melakukan hal serupa,” tambah Muh Ridwan.

Sekda Soppeng, H Andi Tenri Sessu dalam sambutannya mengatakan, semoga dengan kedatangan Bupati Buton Utara bersama rombongan akan menjadi berkah di Kabupaten Soppeng serta akan memberikan kita pengalaman, berbagi pengetahuan dan cerita terutama bagaimana kita bersama-sama berjuang mengendalikan Covid-19.

” Bapak tidak perlu khawatir, Alhamdulillah dalam waktu tiga bulan terakhir, kasus yang terkonfirmasi di Kabupaten Soppeng hanya satu orang. Kami juga sudah menyiapkan ruang isolasi yang dilengkapi laboratorium yang sudah bersertifikat,” ujarnya.

Andi Tenri Sessu mengungkapkan, Soppeng merupakan salah satu kabupaten yang kecil bahkan mungkin terkecil di Sulawesi Selatan. Namun Kabupaten Soppeng selalu menjadi bagian penentu dalam setiap program pembangunan yang bersifat lokal maupun nasional.

Alhamdulillah, lanjut Tenri Sessu, dengan dukungan seluruh masyarakat dan dibawah komando Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak, tahun kemarin perekonomian Kabupaten Soppeng bisa bertumbuh 2,9 persen. Semua ini bisa terjadi karena ada bahasa yang menjadi motto bagi kami yaitu Yassisoppengi.

” Yang memiliki arti bahwa didalam melaksanakan satu kegiatan, apapun bentuknya jika sudah muncul Yassisoppengi, maka tidak ada lagi yang tidak terlibat dalam program itu,” ungkapnya. (wis/B)

  • Bagikan