Cagar Budaya Tionghoa Kuomintang Segera di Revatilasasi

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Balai Pelestarian Budaya Kota Makassar melakukan Studi Teknis di Cagar Budaya sekolah Tionghoa Kuomintang Kota Parepare.

Studi Teknis tersebut untuk dilakukan perbaikan ataupun revatilisasi bangunan thionghoa kuomintang kedepannya.

Pelaksanaan pengukuran tim studi teknis cagar budaya akan berlangsung selama lima hari 9-13 Februari mendatang, dan hasil dari studi tersebut akan dipakai sebagai pedoman pelaksanaan pemugaran, pelaksanaan rehabilitasi, adaptasi dan revitilasasi cagar budaya sekolah tionghoa kuomintang.

Hal itu diterangkan kepala bidang kebudayaan Disdikbud Kota Parepare, Mustadirham saat ditemui, 10 Februari kemarin.

Ia menerangkan, studi tim teknis balai pelestarian cagar budaya provinsi Sulawesi Selatan, merupakan perpanjangan tangan dari kementerian pendidikan riset dan teknologi RI. Terdapat 14 orang yang diutus, terdiri dari tim teknis, pamong budaya, pengolah data, tenaga teknis yang  didatangkan untuk mengukur secara detail, dan seluruh bagian di bangunan ini.

“Kemarin sudah diterima sekretaris Disdikbud parepare, jadi saat ini kereka langsung mensurvey kegiatan teknis terkait dengan seluruh kawasan sekolah thionghoa kuomintang yang merupakan kantor Disdikbud Parepare. Dan itu dihadirkan dan didatangkan untuk mengkaji bangunan ini,” jelas Mustadirham.(ana)

  • Bagikan