Diwakili Legislator Senayan, Risma Batal Kunjungi Korban Banjir di Bojo

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini batal melakukan kunjungan kerja sekaligus memantau langsung korban bencana banjir di empat titik yakni Kelurahan Mallawa, Desa Bojo dan Kelurahan Bojo Baru di Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru. Serta di wilayah Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Dalam agendanya, mantan Wali Kota Surabaya yang akrab disapa bu Risma rencananya akan menyerahkan bantuan kepada ratusan korban terdampak banjir. Namun, ketidakhadirannya tersebut ternyata telah menugaskan Anggota Komisi VIII DPR RI yang juga merupakan legislator PDI Perjuangan, Samsu Niang didampingi Direktur Perlindungan Sosial Kementerian Sosial.

Samsu Niang mengantarkan langsung bantun untuk warga korban banjir di Kelurahan Bojo Baru, Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, Selasa 8 Maret 2022. Wakil Rakyat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu tiba bersama rombongan sekira pukul 16.00 wita dan langsung disambut aparat pemerintah

Bantuan yang diserahkan secara simbolis itu berupa beras, terpal, kasur dan lainnya dengan total biaya mencapai Rp 960 juta. Syamsu Niang mengatakan, awalnya Ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini yang mau datang langsung ke Barru namun tiba-tiba ada panggilan mendadak dari Istana sehingga dia batal kesini. “Ibu Menteri tadi sudah di bandara mau ke Barru tapi tiba-tiba ada panggilan ke istana rapat jadi dia batal kesini, sehingga dia mengamanatkan ke saya bersama pak direktur mewakilinya dan kami memang sebagai mitra di DPR RI,” ujarnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI ini juga mengatakan, setelah ibu Risma menerima kabar bahwa ada bencana banjir di Kabupaten Barru. Maka dia langsung ingin memberikan bantuan dan berkunjung kesini melihat kondisi masyarakat. “Jadi ibu Risma itu mendapat kabar kalau ada bencana banjir di Barru dan ingin menyerahkan langsung bantuan,”ujarnya.

Sementera itu Bupati Barru Suardi Saleh mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah memberikan bantuan. Bantuan ini, kata dia, sangat bermanfaat bagi para korban banjir. “Terima kasih atas bantuannya kepada korban banjir, pemkab juga sebelumnya sudah menyerahkan bantuan kepada para korban,”ungkapnya.

Suardi menambahkan, kemarin juga sudah datang Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Jaya Sukarno. Dia pun menyampaikan akan membantu penaganan sungai yang mengakibatkan banjir khususnya yang ada di Kelurahan Bojo Baru.

Lurah Bojo Baru, Muhammad Yunus mengatakan, bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) sudah tiba dan dibawa langsung oleh anggota komis VIII DPR RI, H. Samsu Niang. “Iya betul bantuan dari kementerian sosial sudah tiba yang dibawa oleh bapak Samsu Niang,” kata Yunus

Lebih lanjut, Yunus mengatakan, selain bantuan dari Kementerian Sosial, bantuan berupa sembako dan berbagai keperluan rumah tangga lainnya juga datang dari berbagai instansi seperti Balai Besar dan Dinas Sosial. Ia mengaku, pihaknya sementara menyalurkan bantuan tersebut kepada penerima. “Ada juga bantuan dari balai besar dan dinas sosial sebagian sudah didistribusikan,” ujarnya.

Yunus menambahkan, seluruh masyarakat penerima bantuan bencana diberikan secara merata kepada keluarga yang terdampak. Pihak kelurahan, kata dia, dibantu aparat bekerjasama dalam pembagian bantuan tersebut. Bantuan pun juga diberikan kepada korban lainnya diluar Kelurahan Bojo Baru.

Penyerahan bantuan juga dihadiri oleh drg Hj Hasna Syam Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Sekda Barru Abustan, Kapolres Barru, Danyon Brimob Parepare, Kepala BPBD Barru, A Djalil Mappiare, Kepala Dinas Sosial Barru, Andi Makmun Aksa, anggota DPRD Barru Rusdi Cara, Camat Mallusetasi H Nompo dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Barru. (wal/mad/B)

 

  • Bagikan